Sukses

Lifestyle

Memasak Tinggal Pencet Dengan 3D Food Printer

Ladies, coba perhatikan jika Anda sedang mengunjungi toko kue kesayangan Anda. Beberapa jenis makanan yang dihias dengan indah dengan gula warna-warni biasanya dengan mudah mencuri perhatian pengunjung. Selain itu, kue penuh dengan gula yang dibentuk dan bahannya dicampur dengan sempurna memang memiliki rasa yang lebih lezat. Jika Anda bukan seorang chef kira-kira bagaimana caranya bisa membuat makanan dengan bentuk dan warna sempurna itu ya Ladies.

Dilansir dari visualnews.com, pada awal bulan Februari lalu sebuah printer untuk mencetak makanan 3D diluncurkan di Las Vegas pada awal bulan Februari lalu. Printer ini diluncurkan dalam dua versi yaitu, Cheftjet dan Chefjet Pro. Printer ini mampu menciptakan bentuk dan perpaduan warna yang sempurna. Makanan yang dicetak sangat luar biasa dan pastinya membuat orang yang melihatnya tertarik untuk memakan.

Bahan makanan yang bisa dicetak menggunakan printer ini di antaranya susu, coklat, dan gula dengan berbagai macam rasa seperti mint, cherry, dan apel. Sistem 3 dimensi yang mulai popular beberapa dekade ini menginspirasi suami istri Kyle dan Liz Von Hasseln yang menamai perusahaan mereka sebagai The Sugar Lab. Liz memiliki peranan sebagai Creative Director Food Products menjelaskan proses pencetakan makanan 3d ini.

"Printer ini menggunakan head inkjet seperti pada printer 2D Anda. Kemudian mulai menyebarkan lapisan gula yang sangat halus, setelah itu diikuti dengan menyemprotkan warna ke permukaan gula. Printer akan mengolah bahan ini menjadi kristal gula yang kemudian mampu mencetak bentuk makanan yang sangat kompleks." Demikian Liz menceritakan bagaimana Chefjet bekerja.

Selain itu sebuah perusahaan di Barcelona yang bernama Natural Machine juga memiliki jenis produk yang senada dengan sebutan Foodini machine seperti dilansir dari mnn.com. Mesin ini sama seperti printer pada umumnya yang dioperasikan melalui komputer menggunakan software 3D representation yang digunakan untuk membuat bentuk dan layer makanan. Harapan perusahaan selanjutnya dapat mengembangkan teknologi ini ke tingkat lebih canggih lagi, misal dengan kemampuan untuk mencetak resep makanan yang di download dari internet.

Wah, Ladies sepertinya Anda tidak akan perlu repot lagi memasak di dapur, jika lapar tinggal pencet saja. Kalau penasaran seperti apa hasil cetakan makanan dari 3D Food Printer coba lihat galeri berikut ini ya Ladies.



(vem/hyn)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips dan Cara Membuat Koya Soto yang Gurih
Artikel Selanjutnya
Tips agar Onion Ring Tidak Layu dan Lembek Setelah Digoreng