Sukses

Lifestyle

Cara Mencegah Perubahan Warna Buah Pisang Menjadi Coklat

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah mengalami browning atau berubah warna menjadi kecoklatan. Proses ini disebabkan oleh proses oksidasi sederhana. Saat buah pisang terkena udara luar, enzim oksigen oksidatif akan bereaksi dan menyebabkan warna pisang berubah menjadi kecoklatan. Reaksi ini tidak dapat dihindari, namun Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk memperlambat proses oksidasi tersebut.

Berikut beberapa cara untuk mencegah browning pada pisang, seperti dilansir livestrong.com.

Saat belum dikupas

Sebaiknya jangan letakkan pisang pada lemari pendingin, karena hanya akan mempercepat proses browningnya. Segera keluarkan pisang dari plastik pembungkusnya, letakkan dalam wadah. Anda juga dapat menutupinya dengan kain agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Saat sudah dikupas

Setelah Anda mengupas pisang, buah akan memulai prosesnya untuk berubah menjadi coklat. Meskipun perubahannya hanya dapat terlihat setelah beberapa saat kemudian. Salah satu cara untuk mencegah munculnya warna coklat pada pisang adalah dengan mengoleskan sari jeruk nipis atau lemon pada pisang. Anda juga dapat menggunakan air dengan sedikit campuran cuka untuk menggantikan sari jeruk. Celupkan pisang pada larutan cuka dalam waktu sebentar saja.

Cara lain

Jika Anda tidak dapat menemukan jeruk atau cuka, Anda dapat menggunakan tablet vitamin C.Hancurkan tablet hingga halus, larutkan pada sedikit air, celupkan pisang dalam larutan selama beberapa detik atau olesi tipis-tipis pada permukaan pisang.

Selamat mencoba...

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading