Sukses

Lifestyle

5 Berita Hoax Yang Beredar Di Facebookmu

Untungnya kami menemukan akun Indonesian Hoaxes yang membantu memberikan informasi berita apa saja yang hanya hoax tetapi masih sering dishare di akun Facebook. Langsung saja kami LIKE fanpage Indonesian Hoaxes dan mengikuti setiap informasinya. 

Sama seperti yang Anda rasakan, setiap hari banyak kabar-kabar tersebar lewat timeline Facebook. Ada berita yang memang benar faktanya, ada yang dibumbui, ada yang malah benar-benar hanya direkayasa.

Melalui akun Indonesian Hoaxes ini, kami merangkum 5 berita hoax yang beredar di Facebook saat ini.

(vem/bee)

Memasak Popcorn Dengan Ponsel Itu Hoax

Pernah membaca berita memasak popcorn atau telur dengan ponsel? Kabar ini menyebar sangat cepat tidak hanya di Indonesia saja. Baik melalui Facebook maupun jejaring sosial lain dan juga email.

Kabar ini jelas hoax, karena radiasi ponsel tidak pernah bisa membuat telur matang. Baca juga ulasan lengkapnya di Indonesian Hoaxes.

 

Satu-satunya cara memasak telur atau popcorn tentunya di atas api atau juga bisa dengan menggunakan rice cooker dan microwave. Tenang saja, radiasi ponsel tetap aman kok. Hindarkan saja menyimpan ponsel di saku baju atau celana, dan jauhkan dari tubuh saat sedang tidur demi meminimalisir radiasinya.

Hoax paling populer di Facebook

Pernah membaca status dari sebuah postingan komen atau foto yang memberikan perintah untuk mengetik sesuatu di sana?

Contoh Klaim 1 :

Pertama klik "Like" atau "Suka"
Ketik "5" dan lihat apa yang terjadi!

Contoh Klaim 2 :

Ketik 'Merah' dalam komentar dan lihat ada perubahan apa!

Contoh Klaim 3 :

Perhatikan urutan Angka ini,
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Jika Anda tidak dapat menemukan kesalahan atas,
Klik "Share" atau "Bagikan" untuk melihat jawabannya!

Contoh Klaim 4 :

Klik "Like", dan lihat dalam 3 detik apa yang akan terjadi!

Contoh Klaim 5 :

Lihatlah gambar lingkaran ini selama 5 detik.
Sekarang klik pada "Share" atau "Bagikan" dan lihat apa yang terjadi!

Indonesian Hoaxes mengklaim ini adalah scam atau hoax. Apa yang terjadi saat Anda melakukan perintah tersebut? Tidak ada. Trik kotor ini hanya dipakai demi meningkatkan LIKE sebuah page saja.

Baca juga ulasan lengkapnya di Indonesian Hoaxes.

 

Lain kali kalau bertemu status seperti ini lebih baik abaikan saja. Jauh lebih bermanfaat jika Anda bisa membantu membagikan informasi yang positif.

Anak yatim tidur di antara kuburan orang tuanya itu hoax

Belakangan sering dishare foto seorang anak sedang berbaring tidur di antara sesuatu yang terlihat seperti kuburan. Nyatanya, gambar tersebut diambil oleh seorang fotografer bernama Abdul Aziz al Otaibi demi sebuah proyek seni konseptual. Anak yang disebut dalam berita sebagai anak yatim adalah keponakan si fotografer yang diminta untuk menjadi model saja.

Baca ulasan selengkapnya di Indonesian Hoaxes

 

Tetap berhati-hati dalam mengonsumsi informasi yang mencurigakan dan berbau provokasi ya. Tidak sedikit foto-foto seperti ini yang ternyata hanya dimanfaatkan tangan-tangan jahil untuk memicu provokasi.

Video Singa mengalami sakaratul maut itu hoax

Video yang kabarnya menggambarkan singa sedang menghadapi ajal diunggah di berbagai media, termasuk Facebook. Ada banyak imbuhan kalimat di sana sini dan menghubung-hubungkannya dengan sakaratul maut, tetapi nyatanya ini adalah video yang pernah ditayangkan di salah satu program NatGeo.

Video tersebut sebenarnya bercerita tentang singa yang mengalami wabah distemper pada tahun 1994.

Baca juga ulasannya di Indonesian Hoaxes

 

Tuh, makanya jangan semua-semua dihubungkan dengan yang supranatural atau takhayul-takhayul ya.

Waspada lintah di dalam kangkung itu hoax

Berita yang satu ini sudah beredar sejak bertahun-tahun lalu. Malahan, tidak hanya tersebar di social media, tetapi juga dari mulut ke mulut dan BBM. Kangkung adalah termasuk sayuran hijau yang sehat, selama dimasak dengan benar, ia aman dikonsumsi dan tidak membawa telur lintah atau lintah itu sendiri.

Bahasan lengkapnya ada di Indonesian Hoaxes

 

Kangkung banyak bermanfaat juga bagi kesehatan, demikian juga dengan aneka sayur hijau lai. Yang bisa mengganggu kesehatan adalah apabila cara memasaknya salah dan kurang menjaga kebersihan.

Hati-hati share sebuah berita ya, jangan langsung dipercaya.

;
Loading