Sukses

Lifestyle

LPAN Griya Baca Malang : Bakti Kami Untuk Anak Negeri

Minggu 27 April 2014, langit nampak sangat biru, seiring fajar mulai terik menyinari keramaian di alun-alun Kota Malang, Jawa Timur. Anak-anak dan remaja mulai berdatangan memadati salah satu sudut alun-alun Kota Malang, ada perayaan istimewa untuk memperingati ulang tahun pertama Lembaga Pemberdayaan Anak Negeri (LPAN) Griya Baca Malang. Sebuah komunitas peduli anak jalanan ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 2005 dengan nama Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan. Seiring banyaknya kemajuan hasil kerja keras seluruh keluarga besar komunitas, anak-anak binaan kini sudah bisa menikmati indahnya duduk di bangku sekolah, bahkan sebanyak 16 anak binaan berhasil masuk sekolah negeri, mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Masa depan bangsa ini ada di tangan semua pemuda dan pemudi, termasuk anak-anak yang sehari-harinya mungkin turun ke jalan untuk membantu keluarganya mengais rezeki. Komunitas peduli anak jalanan ini berupaya sebisa mungkin untuk menekan bertambahnya anak  jalanan di kota setempat, bekerja sama dengan dinas pendidikan serta bantuan para donatur, LPAN Griya Baca Malang memberikan pendampingan agar anak-anak bisa kembali sekolah. Bahkan, anak binaan yang sudah lulus tingkat sekolah menengah atas masih dibimbing sampai bisa mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka bisa hidup mandiri dan tidak turun kembali ke jalanan.

Pada tahun 2011, telah berdiri PAUD Griya Baca untuk memberikan pendidikan pra sekolah gratis bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu. Sebagai wujud kepedulian untuk masa depan anak negeri, guru-guru dengan upaya semaksimal mungkin memberikan ilmu dan budi pekerti sebagai bekal mereka mengejar cita-cita. Selain memperingati hari ulang tahun, keluarga besar pengasuh LPAN Griya Baca Malang juga mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Kartini, Hari Bumi, serta Bakti Sosial Ayo Sekolah.  Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan yang diawali dengan aktivitas mendongeng dipersembahkan oleh Komunitas Pendongeng Muslim Indonesia, dilanjutkan dengan berbagai lomba seperti mewarnai, game menarik dan aksi peduli lingkungan.

Ladies, mari bersama-sama peduli dengan nasib anak negeri yang kurang beruntung, karena mereka kelak akan menjadi lentera yang berpijar menerangi bangsa ini. Yuk intip serunya acara ulang tahun LPAN Griya Baca Malang di galeri berikut ini.

(vem/hyn)
Loading
Artikel Selanjutnya
Sabrina Lovino: Gara-Gara Patah Hati, Kuputuskan untuk Keliling Dunia
Artikel Selanjutnya
Video Singkat Ini Membuat Anda Ingin Ngobrol Lebih Banyak Dengan Orang Tua