Sukses

Lifestyle

Soal Kesetiaan Cinta 5 Hewan Ini Mengalahkan Manusia

Jaman semakin modern, sayangnya pemikiran modern tak dibarengi dengan sikap yang menjamin kebahagiaan. Setidaknya 3 dari 10 pasangan kekasih atau suami istri, pernah terlibat skandal perselingkuhan.

Di manakah janji kesetiaan saat ini dipegang?

Alasan 'curang' dalam cinta makin beragam, dan semakin hari semakin menjadi sebuah pembelaan diri akibat tidak puas pada pasangan atau karena pasangan kurang perhatian. Kalau memang itu alasannya, apa toh tidak ada pilihan lainnya selain selingkuh?

Yah namanya juga manusia, sulit untuk dipuaskan setiap saat. Setelah mendapatkan satu hal yang diinginkan, selalu ingin lebih dan lebih.

Memang tidak ada salahnya punya keinginan lebih dan menjadi sosok yang maju, tetapi bicara soal cinta, bukankah mendapatkan orang yang dicintai adalah lebih dari cukup?

Manusia mesti belajar banyak soal cinta. Manusia mesti belajar dari hewan-hewan di dunia yang punya kesetiaan dalam berpasangan. Dilansir More.com, diceritakan menurut penelitian bahwa hewan-hewan ini akan tetap setia pada satu pasangan saja, dan tidak akan berganti pasangan sepanjang hidupnya. Ada pula yang ketika pasangannya mati, maka ia akan mati juga.

(vem/bee)

Kesetiaan angsa

Tak banyak orang tahu bahwa angsa adalah hewan yang setia. Ketika mereka tumbuh dewasa dan menemukan pasangannya, mereka akan terus hidup berdua dengan pasangannya. Berenang di air, makan bersama, bahkan tidur berdampingan.

Inilah sebabnya angsa sering dijadikan hewan perlambang keromantisan, karena mereka terlihat damai dalam cinta.

Yang mengejutkan lagi, angsa hidup hanya dengan satu pasangan saja. Ketika pasangannya mati, ia akan memilih hidup sendiri dan tidak akan bereproduksi lagi.

Kesetiaan Berang-Berang

Berang-berang, hewan pengerat bertubuh besar ini kerap tinggal di muara sungai. Hidup dengan membuat sarang dari ranting dan pepohonan yang kemudian dengan kreativitasnya disusun sehingga membuat sebuah bendungan kecil.

Berang-berang akan mencari pasangannya ketika usianya menginjak tiga atau empat tahun. Mereka akan mulai membentuk koloni sendiri dari keluarga kecilnya. Ketika usianya menginjak dua tahun, berang-berang muda akan diusir dari koloni sehingga ia bisa mandiri dan mulai mencari pasangannya.

Selama hidupnya, berang-berang akan hidup bersama pasangan di dalam koloninya. Mereka tidak akan berganti-ganti pasangan dan setia hanya pada pasangannya saja.

Kesetiaan Angelfish

Pernah mendengar ikan yang setia? Adalah jenis ikan French Angelfish asal perairan Florida, Karibia yang juga ditemukan sepanjang perairan Brasil, jenis ikan yang sangat setia pada pasangannya.

Mereka akan menandai wilayah kekuasaan ketika bertemu pasangan, dan hidup di sana. Ikan ini hidup dengan makan alga serta makhluk hidup lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Namun, umumnya mereka hanya bertugas membersihkan area tempat tinggalnya saja dari bakteri atau alga, dan hal ini dilakukan berpasangan.

Kesetiaan Elang botak

Elang botak adalah hewan simbol negara Amerika. Jenis elang yang satu ini termasuk jenis burung paling setia.

Saat mencapai usia empat tahun, elang botak dewasa akan mencari pasangan. Elang jantan berusaha sedemikian rupa menarik perhatian elang betina. Dan ketika elang betina berhasil dipikatnya, mereka akan berpasangan membangun sebuah sarang dan tinggal di sana. Mereka akan menghasilkan keturunan elang-elang botak lainnya, dan hidup setia pada pasangannya dengan merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Kesetiaan Serigala

Mirip seperti digambarkan dalam film Twilight, ketika bertemu dengan pasangannya, serigala akan mendedikasikan seluruh cinta dan hidupnya hanya demi pasangannya. Serigala adalah hewan yang setia pada pasangan, dan akan tinggal berdua dengan pasangan sampai mati.

Selama pasangannya masih hidup, serigala akan bertanggung jawab penuh pada pasangan dan keluarganya. Namun, ketika salah seorang di antaranya meninggal, mereka akan membentuk keluarga baru untuk meneruskan keturunannya.

Pun demikian, tanggung jawab dan kesetiaan serigala ini patut ditiru dan diacungi jempol. Siapa sangka hewan berkaki empat ini begitu menghargai arti tanggung jawab.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading