Sukses

Lifestyle

5 Hal Ini Bisa Membantu Anda Menghadapi Pasangan Saat Bertengkar

Pertengkaran memang tak bisa terelakkan dalam sebuah hubungan baik sebelum maupun sesudah menikah. Memang pada dasarnya, permasalahan dan perbedaan itu akan timbul, namun untuk membuat kita makin dewasa, bukan makin tercerai berai.

Ingatlah dalam menyelesaikan masalah dengan suami atau pacar, bukan masalah memenangkan atau menyalahkan, tapi untuk menuntaskan masalah itu secara bersama-sama. Untuk itu perhatikan 5 bantuan untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda berikut ini.

Luangkan Kesabaran Untuk Mendengarkan Dan Memahami

Luangkan waktu Anda untuk mau saling mendengarkan satu dengan yang lain. Jangan mendengarkan untuk membalas atau membenarkan opini Anda, namun dengarkan dengan baik agar Anda mengerti maksudnya. Dengan demikian Anda dan dia akan menemukan frame yang sama untuk melihat suatu masalah.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Orang secara tak langsung menunjukkan maksud mereka dengan bahasa tubuh. Melipat lengan tandanya ia sedang memagari dirinya. Menghindari kontak mata bisa jadi karena dia tak ingin membahas atau tak tertarik atau malu mengungkapkan sesuatu.

Suara yang keras tandanya ia sudah mulai emosi dan merasa tak dimengerti. Sedangkan mereka yang bicara sambil membelakangi kita mungkin menghindar akan sesuatu. Pahami bahasa tubuh ini karena berhubungan dengan kesiapan Anda dan pasangan untuk membahas sebuah masalah.

Mengontrol Emosi

Bersiaplah bahwa tensi sebuah pembicaraan bisa meningkat dan saat itu, Anda perlu mengendalikan diri ketika yang lain mulai emosi. Bersiap pula saat ada perdebatan, bukan untuk menyerang atau memenangkan masalah, namun untuk mengendalikan keadaan. Perdebatan tak akan menjadi sesuatu yang menyerang Anda berdua saat salah satu bisa mengontrol pembicaraan.

Fokus Memahami Dan Menemukan Solusi

Jangan terjebak pada kerumitan masalah atau hal-hal kecil yang dibesar-besarkan. Pahami permasalahannya dan fokus pada solusi yang tak membuat hubungan ini semakin hancur. Kecuali masalah tersebut memang sudah sangat prinsipil. Daripada menyalahkan satu dengan yang lainnya, lebih baik Anda fokus menemukan solusi yang baik bagi kepentingan bersama.

Komunikasi Lebih Dari Sekedar Diskusi

Dalam membahas perdebatan dengan pasangan, kemungkinan Anda akan menggunakan lebih banyak logika. Namun dalam memahami dan menghadapi seseorang, tetap gunakan perhatian Anda. Karena hal ini bisa menyelamatkan Anda dan dia hubungan yang kaku dan dingin sebagai efek dari masalah yang Anda alami.

Setiap pasangan punya cara yang unik untuk berkomunikasi. Sambil melakukannya, coba juga tips di atas dan semoga bisa membantu membangun komunikasi yang berkualitas antara Anda dengan pasangan.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading