Sukses

Lifestyle

3 Alasan Pentingnya Menulis Cerita Kehidupan Anda Sendiri

Ladies, apakah Anda punya kebiasaan menulis buku harian? Mungkin hanya ada beberapa orang yang masih rutin menulis buku harian atau menulis cerita kehidupan sendiri. Saat ini menulis pengalaman pribadi atau cerita kehidupan sendiri tidak harus di atas buku dengan tulisan tangan. Anda bisa dengan mudah memanfaatkan blog gratisan atau akun sosial media Anda sendiri untuk menulis cerita kehidupan Anda sendiri.

Tapi, apa pentingnya sih menulis cerita kehidupan Anda sendiri? Bukannya ini hanya akan buang-buang waktu saja? Ternyata menulis cerita kehidupan Anda sendiri sangat baik untuk diri Anda dan bahkan untuk orang lain. Berikut ini tiga alasan pentingnya menulis cerita kehidupan Anda sendiri seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com.

1. Bisa Menyembuhkan Diri Sendiri
Ingin berdamai dengan masa lalu? Menulislah. Proses menyusun pengalaman hidup atau pribadi bisa membantu diri Anda untuk menyembuhkan diri Anda. Misalnya, ketika Anda menulis pengalaman pahit yang pernah Anda rasakan sebelumnya, Anda akan bisa kembali merenungkan pengalaman itu dan menyadari bahwa pengalaman itu justru bisa menguatkan diri Anda dan membantu Anda mengatasi masalah-masalah yang lebih rumit. Saat Anda sudah merasa sembuh dari masa lalu yang pahit, Anda akan bisa lebih nyaman untuk menjalani hidup. Kemampuan Anda untuk berpikir dan melihat sisi positif dari setiap hal juga akan meningkat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Menulis cerita kehidupan Anda sendiri bisa membuat Anda merasa nyaman. Terkadang ada hal atau pengalaman pribadi yang masih mengendap di dalam pikiran kita dan itu justru bisa membuat emosi kita tidak stabil. Dengan menuliskannya, kita akan memiliki perasaan yang lebih senang dan merasa kuat. Bahkan menurut penelitian medis, sistem imunitas atau kekebalan tubuh akan meningkat lebih kuat ketika kita kembali menyelidik masa lalu dan menuliskannya. Pikiran negatif yang dulu ada bisa dengan mudah hilang dengan menuliskannya. Menulis tentang cerita kehidupan Anda sendiri juga bisa meningkatkan kecerdasan Anda.

3. Memiliki “Harta” yang Berharga untuk Diwariskan
Apakah Anda tahu siapa nama kakek nenek Anda? Kalau nama buyut dari kakek nenek Anda, apakah Anda mengetahui nama mereka? Jika Anda masih ingin dikenal oleh keluarga atau generasi penerus Anda, menulislah. Tulisan Anda akan terus abadi dan masih akan bisa dibaca oleh anak cucu Anda nantinya meskipun Anda sudah tak lagi ada di dunia ini. Pengalaman atau cerita kehidupan Anda yang berharga bisa jadi pelajaran untuk generasi penerus Anda. Dan, ya nama Anda pun mungkin akan masih terus diingat oleh cucu Anda dan hingga cucu dari cucu Anda nantinya.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading