Sukses

Lifestyle

10 Buah Paling Eksotis di Dunia, Semua Ada di Indonesia

Ada yang bilang, Indonesia semakin hari semakin menyedihkan karena tidak punya prestasi. Sebenarnya tidak juga, karena Indonesia menyimpan banyak potensi alam dan makanan berlimpah yang jarang ada bahkan tidak ada di negara lain, salah satunya adalah banyaknya buah-buahan enak dan eksotis.

Terletak di iklim tropis membuat Indonesia menghasilkan buah-buahan enak yang membuat warga negara lain iri. Apel, jeruk dan semangka itu biasa, karena Anda akan kesulitan menemukan buah-buahan eksotis dan enak ini di negara lain. Dilansir oleh hotelclub.com, inilah buah-buahan yang sering Anda anggap biasa, namun dianggap eksotis dan sangat enak di negara lain.

(vem/yel)
2 dari 11 halaman

Rambutan

Masa rambutan termasuk buah eksotis? Yup, karena para bule dan warga negara empat musim dipastikan sulit menemukan buah ini di negara mereka. Sementara itu, kita sangat mudah menemukan rambutan, bahkan mungkin Anda menanamnya di halaman rumah.

Rambutan memiliki bentuk unik dengan tekstur seperti rambut di bagian kulitnya. Jika masih hijau, tandanya belum matang. Jika sudah merah, berarti sudah matang dan manis. Ada banyak jenis rambutan di Indonesia, yang paling disukai adalah jenis binjai yang memiliki daging tebal dan kulit arinya mudah lepas.

3 dari 11 halaman

Leci

Buah ini mirip dengan rambutan, namun tidak memiliki tekstur rambut di permukaan luarnya. Leci memiliki rasa manis dan lembut, harganya lebih mahal dibandingkan dengan rambutan. Buah ini disukai karena terasa segar saat dimakan.

Walaupun mudah tumbuh di daerah tropis, leci tidak banyak dijual di pasar tradisional. Leci biasanya tidak dimakan langsung, tetapi disajikan sebagai potongan buah dalam puding, es buah dan sebagainya.  

4 dari 11 halaman

Nangka

Buah yang satu ini bisa dikatakan aneh, karena warga Eropa atau Amerika pasti bingung bagaimana memotong nangka yang sangat besar dan harus mengambil dagingnya di bagian dalam. Namun bagi warga Indonesia, nangka adalah buah yang ditunggu-tunggu kehadirannya.

Daging buah nangka yang sudah matang memiliki warna kuning cerah dan rasanya manis. Nangka juga memiliki keharuman khas yang menggoda, sehingga sering disajikan sebagai bahan campuran dalam puding, es, kue dan sebagainya. Walau bergetah dan repot ketika mengupas nangka, buah ini banyak penggemarnya.

5 dari 11 halaman

Kelengkeng

Ada yang menyebutnya kelengkeng, ada yang menyebutnya mata kucing, karena bentuk buah kelengkeng yang sudah dikupas memang mirip dengan mata kucing. Buah ini berbentuk bulat kecil dengan kulit yang keras namun mudah membukanya.

Kelengkeng memiliki rasa manis yang pekat jika sudah matang. Harganya lumayan dan bisa mahal jika sedang tidak musimnya. Kelengkeng biasanya dimakan langsung atau diambil dagingnya untuk dicampur dalam es buah atau berbagai sajian puding.

6 dari 11 halaman

Markisa

Buah ini punya nama passion fruit, namun buah ini tidak mengandung racun. Bisa dibilang, markisa adalah salah satu buah yang aneh. Dengan bentuk daging yang tebal, Anda akan menemukan banyak biji-bijian diselimuti daging tipis di dalamnya.

Walau aneh dan tidak terlalu menarik, markisa memiliki rasa asam manis yang menggoda. Salah satu sirup kebanggaan warga Indonesia adalah sirup markisa, sehingga buah ini menjadi kesayangan. Markisa bisa dimakan langsung dengan bijinya atau dijadikan bahan dalam minuman.

7 dari 11 halaman

Belimbing

Kaget karena belimbing masuk kategori buah eksotis? Buah ini jarang ada di negara lain lho. Bentuk belimbing yang unik seperti bintang membuatnya terkenal dan para bule pasti penasaran ingin mencicipi rasanya yang asam manis.

Belimbing biasanya dimakan langsung dengan cara digigit atau diiris terlebih dahulu. Belimbing biasanya menjadi buah yang mudah dijumpai, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Belimbing berkualitas bagus biasanya berdaging tebal dan rasanya manis. Siapa yang suka belimbing?

8 dari 11 halaman

Salak

Salak memiliki penampakan luar yang cukup menakutkan dibandingkan buah pada umumnya. Jika tidak berhati-hati saat mengupas kulitnya, jari Anda bisa terluka. Namun sebenarnya kulit salak bisa dikupas dengan mudah, dan Anda bisa menikmati salak yang manis dan enak.

Ada banyak jenis salak di Indonesia, mulai dari yang rasanya sepat asam, hingga yang rasanya manis seperti gula pasir. Salah menjadi buah yang sering dijadikan manisan dan rasanya menjadi lebih kaya. Namun hati-hati, ada yang percaya jika terlalu banyak makan salak bisa menyebabkan sembelit.

9 dari 11 halaman

Manggis

Siapa yang dulu suka main tebak-tebak buah manggis? Buah yang satu ini dianggap seksi oleh sebagian warga negara lain. Buah manggis memiliki kulit yang sangat tebal namun mudah membukanya. Bagian pelapis memiliki warna merah tua kehitaman.

Di bagian dalam, Anda akan menemukan daging manggis yang manis asam dan enak. Buah manggis sering dijadikan permainan dengan menebak berapa isinya. Ada yang lima atau enam. Yang pasti, buah manggis mudah dijumpai dan tidak terlalu mahal.

10 dari 11 halaman

Jeruk Bali

Jeruk adalah buah yang ada di seluruh negara, namun tidak demikian dengan jeruk Bali. Jeruk jenis ini memiliki bentuk yang sangat besar dan kulit yang sangat tebal. Butuh bantuan pisau dan tenaga untuk mengupas buah yang satu ini.

Walau agak merepotkan saat membukanya, Anda akan menikmati setiap gigitan jeruk Bali. Butir-butir daging jeruk akan terasa sangat segar saat dimakan. Kadang rasa jeruk Bali asam manis, namun sensasi inilah yang membuat jeruk Bali banyak disukai.

11 dari 11 halaman

Durian

Kalau yang satu ini tidak perlu diragukan lagi dasyatnya. Banyak bule yang penasaran dengan rasa durian, namun seringkali kapok karena dianggap terlalu bau dan rasanya aneh. Walau begitu, durian adalah buah kebanggan banyak negara di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Buah dengan bentuk runcing di bagian luar ini harganya cukup mahal, apalagi yang dagingnya tebal dan rasanya manis. Kadang penikmat durian sampai mabuk, pusing dan mengalami tekanan darah tinggi setelah makan durian, namun karena sensasinya enak, durian tetap jadi buah kesukaan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Foto Menakjubkan Ini Diambil di Indonesia, Percaya?
Artikel Selanjutnya
Hotel Unik di Bali Ini Mengundang Decak Kagum Wisatawan Dunia