Sukses

Lifestyle

Girl Power: Menanggapi Isu Gender, LEGO Akan Mengeluarkan Seri Tokoh Wanita Pertamanya Tahun Ini

Ladies, siapa yang tak gemas dengan permainan balok warna-warni bernama LEGO ini? Jika masa kecil kita akrab dengan mainan ini, kini barangkali anak-anak kita yang suka memainkannya. Tak seperti biasanya, tahun ini LEGO akan meluncurkan edisi terbarunya yang unik lho.

Jika selama ini LEGO menampilkan sosok laki-laki sebagai figurnya, di bulan Agustus 2014 mendatang mereka akan meluncurkan figur ilmuwan wanita beserta peralatan laboratoriumnya. Selain ilmuwan wanita, seri ini juga menyertakan figur astronot wanita dengan teleskop dan figur paleontologist lengkap dengan tulang-belulang dinosaurus. Wah, kira-kira dari mana yang datangnya ide ini?

Dilansir oleh theguardian.com, proyek ini muncul dari ide Dr. Ellen Kooijman, seorang ilmuwan asal Stockholm, Inggris. Dalam blognya, Kooijman menulis "Sebagai seorang ilmuwan wanita, saya melihat ada dua hal tentang LEGO: dominasi figur tokoh laki-laki dan representasi yang stereotip tentang tokoh perempuan yang ada. Saya menyarankan ke pihak LEGO untuk menyertakan figur perempuan berprofesi menarik untuk membuat kota LEGO jadi lebih beragam".

Berbagai figur seri LEGO yang baru | Foto: copyright inhabitat.com

Perusahaan ini telah lama dikritik karena isu gendernya. Kebanyakan figur yang ditampilkannya adalah sosok laki-laki dan stereotip bahwa yang cocok bermain LEGO hanyalah anak laki-laki sekalipun banyak anak perempuan yang menyukainya. Sekalipun telah meluncurkan seri serupa bernama LEGO Friends, namun pihak LEGO menganggap ide ini cukup cemerlang. Apakah Anda suka bermain LEGO, Ladies? Permainan apa yang paling Anda suka? Yuk bagikan cerita Anda dalam kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading