Sukses

Lifestyle

5 Tantangan Terberat Fresh Graduate Mencari Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Saat akhirnya bisa lulus kuliah dan wisuda, ada kelegaan sendiri yang kita rasa. Hanya saja justru ini adalah titik awal perjuangan yang bakal lebih berat. Mencari pekerjaan dengan menyandang status sebagai fresh graduate tak bisa dibilang mudah.

Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi seorang fresh graduate ketika mencari pekerjaan. Bagi Sahabat Fimela yang saat ini baru lulus kuliah dan sedang berusaha mencari pekerjaan, perlu juga memahami tantangan-tantangan yang ada di depan ini. Supaya tidak kaget ketika menghadapinya nanti.

1. Belum punya pengalaman

Berbagai perusahaan biasanya mencari karyawan yang sudah punya pengalaman. Sementara kita di sini baru lulus kuliah justru sedang butuh pengalaman kerja pertama untuk membangun karier. Kalau kita belum punya pengalaman kerja profesional, kita bisa mengunggulkan diri dengan menonjolkan pengalaman magang atau organisasi kita selama kuliah.

2. Gaji yang ditawarkan tidak sesuai ekspektasi

Ini juga jadi tantangan dan dilema sendiri. Punya gelar sarjana tak selalu jadi jaminan kita bakal bisa langsung dapat gaji besar. Malah terkadang gaji yang kita dapatkan di bawah UMK. Kita perlu membuat pertimbangan matang sebelum menerima pekerjaan dengan gaji yang terlalu rendah. Jika memungkinkan, kita perlu melakukan negosiasi gaji agar jerih payah kita tidak disalahgunakan.

3. Kalah saingan dengan yang punya "koneksi"

Praktik mencari pekerjaan dengan bantuan orang dalam masih sering terjadi. Di saat kita tengah susah payah mencari pekerjaan, bisa jadi ada teman kita yang lain yang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah karena bantuan orang dalam. Kenyataan ini memang menyakitkan. Tapi yakin saja, selama kita bisa mendapatkan pekerjaan dengan cara yang jujur, maka rezeki yang akan kita dapatkan juga akan memberi berkah tersendiri.

4. Melepaskan idealisme

Selama kuliah, bisa jadi kita punya idealisme yang begitu kuat soal pekerjaan impian kita. Kita punya standar sendiri soal pekerjaan yang ingin kita tekuni. Hanya saja kadang begitu dihadapkan dengan kenyataan yang ada di industri kerja, bisa jadi ada hal-hal yang tak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Bahkan untuk bisa diterima di suatu tempat, kadang kita harus mengorbankan sesuatu. Hal seperti ini bisa jadi pergolakan batin sendiri.

5. Tuntutan mengubah penampilan

Hal ini pun bisa dibilang hampir mirip dengan poin nomor empat di atas. Sebuah perusahaan mungkin punya aturan sendiri soal bagaimana para karyawannya harus berpenampilan. Mulai dari baju, sepatu, gaya rambut, hingga riasan wajah. Yang bikin dilema lagi adalah ketika kita sudah dapat pekerjaan tapi untuk bisa benar-benar diterima harus mau mengikuti aturan berpenampilan yang tidak sesuai dengan gaya atau kepribadian kita.

Tantangan mencari pekerjaan dengan status masih fresh graduate memang bisa sangat rumit. Ada banyak hal yang mungkin bikin kita kecewa. Tapi selama kita bisa memperjuangkan sesuatu yang kita inginkan dalam membangun karier untuk kesuksesan masa depan, pasti akan selalu ada jalan yang terbuka untuk kita.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Diterima Kerja di Perusahaan Besar? Ini Trik Mebuat CV yang Menarik
Artikel Selanjutnya
Jangan Buru-Buru Resign Bila Kehilangan Semangat Bekerja