Sukses

Lifestyle

Yang Anda Dapatkan Ketika Tak Lagi Mengecek Facebook Setiap Saat

Media sosial memang memberikan banyak manfaat dalam berkomunikasi dengan teman, kerabat, dan rekan kerja. Aneka kemudahan dalam berbagi informasi dan aktivitas membuat banyak orang kecanduan dengan media sosial, terutama yang paling populer, Facebook.

Mengecek Facebook setiap hari, bahkan hampir setiap saat senggang seolah sudah menjadi kewajiban bagi remaja, mahasiswa, orang dewasa, sampai yang sudah menjadi kakek-nenek pun tak mau ketinggalan. Fenomena ini ternyata juga memiliki dampak negatif yang cukup besar bagi karir dan kehidupan sosial seseorang.

Banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda memutuskan untuk tidak lagi mengecek Facebook secara teratur dan berkala. Berikut di antara manfaat tersebut, seperti dilansir Lifehack.org.

    Lebih peka

    Secara tidak disadari Facebook membuat kepekaan Anda pada lingkungan sekitar berkurang. Karena sifatnya yang 'mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat' media sosial ini akan membuat Anda kecanduan hingga lupa untuk memperhatikan orang-orang dan lingkungan sekitar Anda. Jika Anda membatasi diri dari media sosial, waktu dan perhatian Anda pada lingkungan sekitar akan lebih besar.

    Lebih fokus pada pekerjaan

    Bagi Anda yang bekerja di depan komputer, Facebook akan menjadi gangguan yang dapat mengalihkan fokus Anda. Waktu Anda akan dihabiskan dengan mengecek update facebook atau stalking akun Facebook milik orang lain sehingga tidak lagi efektif. Batasi penggunaannya agar Anda lebih fokus dalam bekerja dan lebih banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan. Hindari membuka Facebook selama jam kerja selama itu memungkinkan.

    'Like' tidak berarti apa-apa

    Setelah populernya Facebook, kata 'like' pun menjadi populer. Tak sedikit orang berharap banya like pada status ataupun postingan mereka di Facebook. Padahal, like sendiri tak berarti apa-apa dan cenderung tidak memberikan manfaat bagi Anda maupun orang lain.

    Melenyapkan stalker

    Menjadi seseorang yang selalu update kegiatannya pada media sosial sebenarnya juga tak memberikan manfaat. Bahkan hal tersebut akan mengundang stalker untuk terus menguntit kehidupan Anda. Seluk-beluk kegiatan dan kehidupan Anda akan dengan mudah menjadi bacaan ringan bagi mereka. Cobalah untuk menguranginya dan menghargai privasi Anda sendiri sekaligus menghindari stalker dalam kehidupan Anda.

    Menghargai diri sendiri

    Media sosial telah menjadi ajang pamer efektif bagi penggemarnya. Makanan, fashion, teraveling dipamerkan setiap hari pada timeline Anda. Hal ini dapat mempengaruhi kehidupan Anda. Dengan terus melihat kehidupan orang lain Anda akan lupa menghargai kehidupan Anda sendiri serta apa yang Anda miliki. Saat Anda mengurangi aktivitas Anda di Facebook, kan lebih mudah untuk bersyukur dan menghargai kehidupan Anda sendiri serta apa yang Anda miliki.

Seberapa sering Anda mengecek Facebook? Yuk, kurangi kecanduan pada media sosial agar hidup lebih berarti.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading