Sukses

Lifestyle

Ternyata Ini Fungsi Kunyit dalam Masakan

Fimela.com, Jakarta Kunyit merupakan rempah yang sangat umum digunakan sebagai bumbu masakan berbagai makanan Indonesia. Kunyit bukan benda yang asing di dapur dan pastinya mudah ditemukan di pasar bahkan dengan harga murah. Meski begitu, tak banyak yang tahu apa sebenarnya fungsi kunyit dalam masakan.

Fungsi kunyit dalam masakan ada banyak, bukan hanya sebagai pewarna alami makanan, namun juga menjadi penambah cita rasa makanan dan bahkan sebagai obat tradisional, seperti dilansir dari The Spruce Eats.

Kunyit merupakan akar tanaman yang memiliki warna kuning pekat yang seringkali menambahwarna makanan semakin cantik meski harus berhati-hati ketika mengupasnya, karena warna kuning yang menempel di tangan sulit dihilangkan.

Kunyit memiliki bau menyengat yang khas serta rasa sedikit pahit dan pedas. Ada tidaknya kunyit seringkali berpengaruh besar terhadap rasa dan warna makanan. Jadi ketika ada resep yang mengikutsertakan kunyit di dalamnya, sebaiknya tidak di-skip atau dihilangkan ya.

Dalam hal kesehatan dan kecantikan, kunyit memiliki sifat anti bakteri, antiinflamasi dan bahkan antioksidan kuat yang mampu menjadi obat alami untuk meredakan berbagai penyakit ringan.

Jadi, bukan hanya memberi warna cantik dan rasa sedap pada makanan, kunyit juga punya peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Lokasi di Jakarta akan Padamkan Lampu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021