Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Utama Keringnya Vagina

Keringnya vagina membuat wanita yang mengalaminya merasakan ketidak-nyamannan pada bagian intimnya. Terlebih, bagi yang sudah menikah, ketidak-nyamanan dan rasa sakit sangat mungkin dirasakan saat berhubungan intim dengan suami.

Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan? Untuk itu, kenali beberapa penyebab keringnya miss V, seperti dilansir everydayhealth.com berikut ini.

    Perubahan hormon

    Perubahan hormon dan ketidakseimbangannya merupakan penyebab paling umum dari keringnya vagina. Menurunnya produksi hormon estrogen saat menopause, sebelum menopause, setelah melahirkan, atau selama menyusui dapat menyebabkan bagian intim menjadi kering. Perubahan yang diakibatkan terapi seperti kemoterapi pada penderita kanker juga sangat mungkin menyebabkan vagina menjadi kering.

    Obat-obatan

    Obat alergi, obat asma, dan obat flu mengandung antihistamin yang dapat menyebabkan hilangnya kelembaban pada vagina karena menurunnya produksi lendir.

    Menurunnya gairah

    Pada beberapa kasus, keringnya vagina dapat disebabkan oleh kurangnya libido atau pun permasalahan seksual dengan pasangan. Masalah seksual yang dialami pria juga dapat berimbas pada keringnya miss V pada wanita, seperti ejakulasi dini.

    Iritasi

    Beberapa wanita memiliki alergi pada bahan kimia pada sabun, produk kebersihan, dan parfum yang digunakan di sekitar organ intim maupun pakaian dalam. Reaksi alergi juga dapat membuat menurunnya produksi cairan yang secara alami melembabkan miss V.

    Psikologi

    Rasa cemas dan stres dapat menurunkan libido sekaligus membuat vagina menjadi kering. Saat seorang wanita merasa cemas dan stres, peredaran dalam tubuh menjadi terhambat.

Apa Anda pernah mengalami kering pada orang intim Anda , Ladies? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya?

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading