Sukses

Lifestyle

Trik Membuat Tempura Crispy Ala Chef Dian

Ladies, bila Anda di rumah bosan dengan masakan Indonesian food, dan bingung ingin mencoba masakan lain yang berbeda dan tentunya lezat bila dihidangkan untuk suami dan anak-anak tercinta, maka kali ini Vemale akan memberikan solusi masakan yang tepat beserta trik-trik agar mendapatkan kerenyahan pada makanan tersebut.

Vemale akan merekomendasikan menu tempura untuk Anda. Tempura bisa disajikan bersamaan dengan nasi atau untuk camilan keluarga Anda dengan menggunakan saus khusus, yaitu saus tempura. Atau jika Anda tidak punya saus khusus, gunakan saus biasa atau saus mayonaise juga lezat Ladies.

Bagaimana cara memasak yang tepat untuk gorengan tempura? Pertama, pilihlah udang jenis blacktiger yang memiliki rasa yang enak. Kemudian siapkan tepung tempura yang dapat dibeli di supermarket terdekat. Umumnya, tepung yang memiliki harga lebih mahal, juga memiliki kualitas yang lebih baik dan semakin memiliki kualitas rasa yang enak.

Copyright by Vemale.com

"Udang pada dasarnya bengkok, di bagian punggungnya ada kotoran yang harus kita buang, di baliknya, di bagian perut udang, di pilet diagonal empat garis, lalu taruh di atas tepung kering," kata Dian selaku Asst. Area Chef di Ten Ten Restaurant Plaza Indonesia Sabtu 11 Oktober 2014 lalu.

Baginya, untuk membuat tampilan udang yang cantik tidak bengkok harus dipatahkan bagian urat-urat udang yang berada di perut. Itu merupakan salah satu trik tampilan tempura yang lurus memanjang.

"Ketika dipijit-pijit di atas tepung, ada urat-urat yang harus putus. Di udang ada bagian perut yang dipilet diagonal, kalau gak diputus, udangnya akan narik, tidak lurus tapi bengkok, makanya sampai berasa di tangan putus," jelasnya.

Copyright by Vemale.com

Menurut chef Ten Ten Restaurant tersebut, kesulitan memasak tempura adalah mengatur suhu saat memasaknya. Disarankan ada baiknya suhu dari 160-180 derajat, jangan kurang dan lebih dari suhu yang ditentukan, agar mendapatkan rasa yang pas.

"Pengaturan suhu bagusnya digoreng antara 160-180 derajat, kalau dibawah 160 udangnya pasti tidak lurus tapi bengkok, di atas 180 akan cepat gosong," ucap Chef Dian.

Jika ingin mendapatkan crispy," lanjut Chef Dian, "kalau suhunya kurang bagus, crispy-nya tidak akan dapat, kalau minyaknya kurang panas gorengan akan lebih berminyak. Sehingga, alangkah baiknya mengatur suhu dengan tepat."

Copyright by Vemale.com

Selain itu, Chef Dian juga menyarankan agar memilih minyak goreng yang sehat seperti happy salad oil. Akan tetapi, menurutnya kembali lagi dengan budget yang Anda siapkan untuk memasak tempura.

"Buat memasak, selain merasakan harus enak, perhatikan juga presentasinya, bagaimana menyajikan tampilan masakan yang bagus agar kelihatan menarik, dan perhatikan juga porsinya, misalnya nasi harus berapa banyak, kalau udah pakai nasi jangan pakai kentang," tutup Chef Dian dengan memberikan tips kepada Vemale untuk Anda yang ingin mencoba memasak tempura di rumah.

Ladies, pasti Anda sudah tidak sabar untuk mencoba tempura di rumah untuk keluarga Anda bukan? Jangan lupa ya trik dan saran yang diberikan Chef Dian untuk menghasilkan tempura yang sempurna barusan.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading