Sukses

Lifestyle

Jalan Sendirian di Kota Besar Bukan Hal Mudah Bagi Seorang Wanita

Pernah berjalan sendiri di tengah keramaian? Pasti ada momen di mana kita mendengar celetuk iseng para pria yang tak mengenal kita namun malah menggoda dengan perkataan usil. Hal ini kadang tak nyaman bukan? 

Tanpa banyak orang sadari, hal itu sebenarnya merupakan salah satu bentuk pelecehan di jalanan. Meski hanya sebuah siulan atau celetukan, "Hai seksi", "Minta nomor teleponnya, Mbak." atau bahkan "Gendut.." 

Sebuah video yang ditayangkan perdana pada 28 Oktober kemarin, menjadi sebuah video viral karena menunjukkan betapa ngerinya bagi seorang wanita berjalan sendirian di jalanan kota besar. 

Video copyright Youtube/Street HarassmentVideo

Dalam video tersebut, bagian paling bikin merinding adalah ketika orang asing bahkan mengikuti wanita tersebut selama beberapa menit lamanya. 10 jam wanita bernama Shoshana B. Roberts ini berada di jalanan New York City dan digodai oleh banyak pria. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Misalnya faktor lingkungan atau budaya. Namun bagaimanapun juga, hal ini berdampak pada psikis wanita itu sendiri. Misalnya jadi sering merasa insecure dengan body imagenya, tak percaya diri dan membuat mereka merasa tidak aman. 

Rob Bliss, orang di balik video ini mengatakan bahwa tujuannya adalah ingin meningkatkan empati banyak orang. Perbuatan seperti ini sebaiknya tak dipelihara lagi di dunia, karena meski kelihatan remeh, hal ini mempengaruhi sebuah sistem hidup bermasyarakat secara signifikan. Di mana orang terbiasa untuk melakukan hal yang tanpa disadari merugikan orang lain. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading