Sukses

Lifestyle

5 Langkah Agar Bahagia di Tempat Kerja Meski Tak Menyukai Pekerjaannya

Hal-hal yang terjadi di dunia kerja atau tempat kerja seringkali tak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Ladies, apakah saat ini Anda merasa kurang bahagia di tempat kerja Anda karena tidak menyukai pekerjaan yang Anda harus lakukan? Pada saat tertentu, kita pasti pernah berada dalam posisi dilema, antara harus mempertahankan pekerjaan yang kita miliki dengan risiko tak bahagia atau melepaskan pekerjaan yang dimiliki saat ini dengan risiko siap menganggur entah sampai kapan.

Seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com,menemukan kebahagiaan di tempat kerja meskipun kita tak menyukai pekerjaannya sangat mungkin untuk dilakukan. Caranya? Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

Ambil Jeda Beberapa Saat Sebelum Memulai Pekerjaan
Sebelum mulai melakukan pekerjaan, ambil jeda waktu beberapa saat. Tenangkan pikiran Anda. Dengarkan suara-suara di sekitar Anda. Kenali emosi dan reaksi tubuh Anda. Pada dasarnya, kita bisa melatih diri kita sendiri untuk merasa lebih bahagia. Temukan arti dan makna dari pekerjaan yang Anda lakukan. Carilah manfaat besar yang sekiranya bisa Anda dapatkan dengan menyelesaikan pekerjaan Anda.

“Find a job you enjoy doing, and you will never have to work a day in your life.”― Mark Twain

Buka Hati dan Pikiran
Kerja untuk hidup atau hidup untuk kerja? Atau mungkin Anda punya definisi lain tentang bekerja? Saatnya buka lagi hati dan pikiran Anda. Kenali lagi diri Anda, runtut kembali perjalanan karier Anda. Pasti ada sesuatu yang penting dari usaha dan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini.

Temukan Tempat yang Paling Nyaman di Kantor
Saat Anda butuh menenangkan diri dan menjernihkan pikiran, temukan satu tempat yang paling nyaman di kantor Anda. Jadikan tempat itu sebagai oase yang akan membantu Anda untuk tetap bisa menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran. Ketika Anda stuck dengan pekerjaan yang Anda lakukan, Anda bisa 'mengasingkan' diri sejenak di tempat favorit Anda.

Temukan Komitmen dan Dedikasi dari Dalam Diri
Pekerjaan akan terasa semakin berat dan tak menyenangkan ketika Anda sudah kehilangan komitmen dan dedikasi diri. Coba ciptakan lagi komitmen dari dalam diri Anda. Bangun lagi semangat untuk terus melakukan yang terbaik ketika bekerja.

“I love my career. It is a career. A difficult one that takes many hours and total dedication to my craft. It is also what I was born to do--tell stories and entertain.”― Michelle M. Pillow

Ciptakan Kebiasaan Positif yang Baru
Undang rasa bahagia itu dengan kebiasaan positif yang baru dan yang dilakukan setiap hari. Jika selama ini Anda sudah kehilangan semangat untuk bekerja karena membenci pekerjaan yang Anda lakukan, ciptakan satu saja kebiasaan positif yang baru. Misalnya saja dengan berangkat lebih pagi atau membuat bank ide yang akan menjadi wadah untuk menampung semua ide atau gagasan yang kita miliki setiap harinya.

Apabila rasa bahagia itu sudah benar-benar hilang, Anda bisa coba untuk mencari pekerjaan lain. Pekerjaan yang Anda yakini bisa memberikan makna untuk diri Anda. Tapi tentu saja dengan melakukan sejumlah pertimbangan matang.

(vem/nda)
;
Loading

Live Streaming

Powered by