Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatakan 'Tidak' Pada Pasangan Tanpa Membuatnya Tersinggung

Dalam hubungan yang penuh cinta atau yang bahkan sudah hidup berdampingan, kebersamaan membuat kita terlihat kompak. Perbedaan dan perdebatan pasti ada. Bisa mengatasinya dengan baik adalah proses yang mendewasakan hubungan ini. 

Ada kalanya dalam sebuah hubungan, kita harus mengatakan 'tidak'. Bukan karena kita tak satu visi dan misi, namun lebih baik merintis kejujuran sejak awal. Hal ini merupakan bagian dari proses memahami satu sama lainnya. Lalu, bagaimana cara menyampaikan penolakan tanpa harus menyinggungnya? Gunakan beberapa trik ini. 

  1. Ekspresi, karena Anda bisa menyampaikannya baik lewat audio maupun visual.Verbal maupun non verbal. Sampaikan apa yang perlu Anda sampaikan dengan ekspresi yang baik. Bila Anda menggunakan telepon, pastikan suara Anda menyampaikan ekspresi tersebut. Bila Anda menyampaikannya via teks, andalkan emoticon yang sesuai. [quote]
  2. Sentuhan, bila memungkinkan Anda perlu melakukan ini. Sebuah sentuhan akan memperhalus sebuah penolakan. Ini akan membuat penyampaian Anda lebih mudah. 
  3. No Excuses, penolakan beserta alasan atau penjelasan yang tidak perlu hanya akan membuat Anda terlihat menghindar. Inilah mengapa kita perlu jujur sejak awal mengenai penolakan yang kita berikan. Cukup sampaikan alasan Anda. Jujur di awal akan memudahkan segalanya. 
  4. Berikan Kesempatan, bila hal ini adalah sebuah event atau project tertentu, maka doakan agar mereka berhasil. Sampaikan 'take your time' atau 'enjoy it' akan membantu Anda membuatnya tetap nyaman beraktivitas 'dalam restu Anda'. 
  5. Bersikap Normal, jangan menjadi awkward atau canggung. Ini akan menimbulkan ketidaknyamanan di antara Anda berdua. Lakukan kebiasaan Anda seperti biasanya dan bicarakan dengan baik bila memang ada salah satu yang merasa kurang legawa. 

Perbedaan dan penolakan itu bukan masalah. Hal itu menjadi masalah ketika terjadi begitu sering dan membuat Anda hubungan Anda berdua tak mengalami kemajuan. Saat seperti itu, maka Anda perlu mengkomunikasikan kembali hubungan ini dan visi misi Anda berdua. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading