Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Wajib Diketahui Saat Baru Jadi Sarjana

Ladies, apakah Anda baru saja lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana? Kehidupan setelah lulus kuliah akan sangat berbeda dengan kehidupan yang pernah dijalani sebelumnya. Ada banyak hal dan tantangan baru yang harus dihadapi. Terkadang kita pun bisa salah langkah kalau tidak hati-hati dalam membuat keputusan.

Dilansir dari elitedaily.com, enam bulan pertama setelah lulus kuliah adalah masa-masa peralihan yang cukup mengejutkan. Kita akan melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda. Segala hal yang berhubungan dengan masa depan dan karier akan selalu menjadi prioritas utama. Sayangnya, banyak sekali sarjana baru yang akhirnya gagal dalam mencapai impiannya karena salah langkah. Supaya jalan menuju kesuksesan lebih mudah, ada sejumlah hal yang perlu diketahui ketika baru lulus kuliah. Go check this out!

(vem/nda)

Setiap Orang yang Anda Kenal Menempuh Jalan Sendiri-Sendiri

Saat masih kuliah, Anda pasti punya sekelompok teman atau orang-orang yang selalu dekat dengan Anda. Mungkin saat itu Anda berpikir bahwa Anda dan mereka akan memilih jalan yang sama di masa depan. Tapi faktanya setiap orang akan menempuh jalannya sendiri-sendiri.

Awalnya akan sulit untuk menerima kenyataan bahwa sahabat-sahabat Anda mulai menjauh. Dan hanya Anda yang ditinggalkan sendirian dalam jalan yang Anda pilih. Anda pun juga bisa terkejut saat kawan Anda semasa kuliah yang dulu sering dipandang sebelah mata kini jadi lebih sukses dibandingkan yang lainnya. Anda pun sudah saatnya untuk menentukan jalan masa depan Anda sendiri tanpa selalu bergantung pada orang lain.

Sementara itu, Anda jadi semakin menjaga hubungan dan dekat dengan segelintir teman yang masih sering bertukar sapa dengan Anda. Segala sesuatunya jadi terasa lebih berharga.


Anda Bebas Melakukan Semua yang Anda Mau

Kebebasan ini bisa menguntungkan sekaligus merugikan. Tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Saat sudah benar-benar terjun di masyarakat, Anda bebas melakukan semua yang Anda mau. Tak ada lagi aturan kuliah yang mengekang. Anda bisa melakukan semua yang Anda mau.

Tapi segala sesuatunya pasti ada risiko. Setiap hal yang Anda lakukan akan memiliki risikonya sendiri. Teledor membuat keputusan, maka dampaknya masa depan Anda bisa suram. Bijak saat menghadapi masalah, maka Anda tahu segala sesuatunya akan baik-baik saja.

Anda pun akan diuji dengan banyaknya bujukan, peluang, dan kesempatan yang ada. Ada pada satu titik di mana Anda ingin melakukan semua hal. Tapi Anda pun perlu tahu bahwa ada prioritas yang harus Anda buat. Ada kepentingan-kepentingan tertentu yang harus Anda dahulukan.

Pekerjaan yang Dipilih akan Menentukan Jalan Hidup

Saatnya untuk berjuang bertahan hidup. Lepas dari dunia universitas, Anda sudah harus mulai merancang hidup Anda. Bagaimana nantinya Anda menghidupi diri Anda sendiri. Apa saja yang harus dilakukan agar Anda bisa jadi orang yang mandiri dan tak merepotkan orang lain lagi.

Kalau Anda sudah terlatih untuk bekerja selama sekolah atau kuliah, hal ini mungkin tak terlalu mengejutkan Anda. Tapi bagi Anda yang baru akan memasuki dunia kerja setelah kuliah, Anda perlu tahu bahwa pekerjaan Anda nantinya akan menggiring Anda pada jalan hidup tertentu.

Penting juga diketahui bahwa jangan hanya memfokuskan pada uang atau gaji saat memilih sebuah pekerjaan. Yang terpenting adalah mencari pekerjaan yang Anda sukai dan sesuai dengan kemampuan Anda. Temukan pekerjaan yang bisa membuat Anda bahagia dan puas, maka Anda pun bisa menjalani sisa hidup Anda dengan rasa nyaman.

Dunia Akan Terasa Lebih Luas

Saat sudah membaur dengan orang-orang baru dalam lingkungan yang berbeda, Anda akan merasa bahwa banyak hal yang belum Anda ketahui di dunia ini. Dunia jadi terasa lebih luas dan Anda hanyalah satu titik debu. Persaingan di dunia kerja yang makin ketat. Tantangan-tantangan masa depan yang terlihat makin nyata.

Sebagian orang mungkin akan merasa makin kesepian karena tidak bisa cepat membaur dengan dunia luar. Tapi sebagian lagi akan merasa lebih bersemangat karena akan ada banyak kejutan baru yang ditemukan. Saatnya untuk melebarkan sayap, jelajahi tempat-tempat baru, dan unduh pengalaman-pengalaman berharga.

Setelah kuliah, Anda tidak bisa berhenti belajar. Sebaliknya, Anda akan dituntut untuk terus belajar dan menguasai hal-hal baru agar bisa mempertahankan kehidupan Anda dan orang-orang terdekat di sekitar Anda.

Sudah Saatnya untuk Percaya Pada Diri Sendiri


Siapa lagi yang bisa Anda andalkan selain diri sendiri? Kita tak bisa lagi menggantungkan hidup pada orang lain. Tak selamanya kita mengekor pada orang lain. Mungkin IPK Anda kurang memuaskan. Tapi selama Anda yakin pada diri Anda sendiri dan selalu bersemangat mengasah kemampuan, Anda pasti akan bisa bertahan dan mendapatkan masa depan yang Anda inginkan.

Anda harus percaya pada diri sendiri dan kenali betul apa yang Anda mau. Motivasi dan semangat harus datang dari diri sendiri. Kalau tidak begitu, kesuksesan akan makin sulit Anda raih.

Ladies, selalu ada masa-masa peralihan yang penuh tantangan dan hambatan baru. Tapi tak perlu khawatir. Selama Anda bisa melewatinya dengan baik, Anda pasti akan baik-baik saja. “The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.” ― Eleanor Roosevelt

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading