Sukses

Lifestyle

Galau karena Cinta Bertepuk Sebelah Tangan? Baca Ini Biar Move-On

Apa yang menyakitkan dari jatuh cinta? Tak lain adalah ketika cinta itu ditolak dan cinta kita berakhir bertepuk sebelah tangan. Galau karena cinta juga pun seringkali susah untuk disembuhkan. Tapi bukan berarti tak ada cara atau jalan keluar move-on.

“It happens to everyone as they grow up. You find out who you are and what you want, and then you realize that people you've known forever don't see things the way you do. So you keep the wonderful memories, but find yourself moving on.”― Nicholas Sparks

It's time to moving on, Ladies. Mungkin Anda baru saja terluka karena cinta. Atau Anda baru saja menangis semalam karena menghadapi kenyataan cinta Anda yang bertepuk sebelah tangan. Tapi jangan sampai tenggelam dalam perasaan sedih ya. Ada sejumlah cara yang bisa Anda pilih untuk move-on dan tak meratapi cinta Anda yang bertepuk sebelah tangan.

(vem/nda)

Manjakan Diri Sendiri

Dia tak mencintai Anda. Dia tak suka dengan Anda. Well, bukan berarti Anda tak layak untuk dicintai. Mungkin saja Anda terlalu baik untuknya. Atau Anda lebih layak untuk dicintai oleh seseorang yang lebih baik dari dirinya. Jadi, hargai diri Anda. Perlakukan diri Anda dengan baik. Manjakan diri Anda.

Sesekali tak ada salahnya kan memanjakan diri sendiri. Melakukan apa yang sudah lama kita inginkan. Contoh, jalan-jalan santai seharian ke mall, makan malam di restoran mewah, atau sekadar pergi ke salon mempercantik diri. Atau coba lakukan hal-hal sederhana yang sudah lama tak pernah kita lakukan lagi.

Rasa sedih akibat cinta yang bertepuk sebelah tangan itu biasanya muncul karena kita merasa tak berharga

Menerima Rasa Tidak Nyaman Itu

Siapa sih yang tidak sedih ketika menghadapi cinta yang bertepuk sebelah tangan? Mau ngapa-ngapain juga kok rasanya males. Perasaan juga tak nyaman. Hati yang sakit dan remuk redam akibat cinta yang tak berbalas memang bisa menorehkan luka yang dalam. Dan salah satu cara terampuh untuk mengatasinya adalah dengan menerima rasa tidak nyaman tersebut.

Tapi bukannya susah ya menerima rasa tidak nyaman itu? Iya susah memang. Tapi dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk move-on dari galau karena cinta bertepuk sebelah tangan itu.

Anda bisa coba cara ini. Cari tempat yang tenang dan membuat Anda nyaman. Pejamkan mata. Lalu tarik napas perlahan. Tahan beberapa saat. Lalu hembuskan lagi. Biarkan perasaan negatif merasuk dan keluar melalui hembusan napas Anda. Terima saja perasaan itu. Nanti pelan-pelan, Anda pun bisa move-on dengan sendirinya. Dimulai dengan menerima, lalu nanti hati Anda akan terasa lebih ringan untuk menemukan cinta baru.

Cari Kesibukan Baru

Temukan sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian Anda sejenak. Supaya Anda tak terlalu kalut dalam rasa sakit karena cinta bertepuk sebelah tangan. Temukan hobi baru atau kegiatan baru yang bisa menyita waktu Anda lebih banyak lagi. Betapapun sakitnya perasaan Anda saat ini, jangan ragu untuk berusaha "memaksa" diri untuk melakukan sesuatu yang lain.

[startpuisi]“Letting go means to come to the realization that some people are a part of your history, but not a part of your destiny.”
― Steve Maraboli[endpuisi]

Dia yang telah membuat Anda patah hati tak perlu lagi Anda ingat-ingat terus. Dia sudah jadi bagian dari kenangan masa lalu Anda. Anda masih punya masa depan yang baru. Masih ada rencana dan hal-hal baru yang bisa Anda lakukan ke depannya. Jadi, masih mau galau terus? Jangan sampai kegalauan yang Anda rasakan ini jadi penghambat Anda untuk melakukan sesuatu yang lebih penting untuk hidup Anda.

Berani Memaafkan

Untuk memaafkan, kita butuh keberanian. Berani untuk melepaskan emosi negatif dan amarah dalam diri. Serta berani untuk memilih jalan yang lebih baik. Kadang kita merasa tak terima ketika memutuskan untuk memberi maaf seseorang yang telah melukai hati kita. "Enak aja memaafkannya, dia kan sudah melukai hatiku," tidak mudah memang untuk memaafkan seseorang yang telah melukai kita. Tapi memaafkan juga akan membuat hati kita lebih lapang.

[startpuisi]“Grudges are for those who insist that they are owed something; forgiveness, however, is for those who are substantial enough to move on.”
― Criss Jami, Salomé: In Every Inch In Every Mile[endpuisi]

Cobalah memaafkan dia yang tak menerima cinta Anda. Maafkanlah dirinya. Apapun itu. Lalu, tanpa beban, Anda bisa terus melangkah mengisi hidup Anda dengan hal-hal yang jauh lebih penting. Buat hati dan pikiran Anda lebih lega. Dan memaafkan adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk kembali membuka pintu baru untuk cinta Anda yang lebih sempurna nantinya.

Tingkatkan Kualitas Diri

Buat dia yang telah mencampakkan Anda menyesal karena telah menolak cinta Anda. Caranya? Jadilah seseorang yang lebih baik dengan kualitas diri yang lebih baik dari sebelumnya. Buktikan bahwa Anda adalah orang yang layak untuk dicintai. Buktikan pada semua orang (tapi lebih penting lagi tunjukkan pada diri sendiri) bahwa Anda punya sesuatu yang berharga dalam diri Anda.

[startpuisi]“You can't look back - you just have to put the past behind you, and find something better in your future.”
― Jodi Picoult, Salem Falls[endpuisi]

Cinta bertepuk sebelah tangan. Biarlah ia berlalu. Jadikan saja bagian dari perjalanan cinta Anda. Dengan begitu, nantinya Anda akan lebih mudah untuk menemukan cinta yang baru. Mengambil pelajaran dari pahitnya pengalaman cinta tersebut. One day, you will find love you deserve most. We only need to believe it, Ladies!

Nusantara Fashion Festival 2020
;
Loading