Sukses

Lifestyle

Hindari Kanker Kulit Dengan Memakai Pelembab Yang Tepat

Sinar matahari memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Namun di samping peran baiknya tersebut, matahari ternyata memiliki dampak negatif terhadap kulit.

Bila kulit terkena langsung oleh sinar matahari tanpa memakai pelindung yang tepat, maka kulit akan menjadi kusam, kering dan kulit menjadi lebih gelap. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka kulit berisiko terkena kanker.

Seorang dermatologist, dr. Abraham Arimuko, mengungkapkan bahwa sinar matahari memiliki komponen yang berbahaya yaitu sinar ultraviolet A dan B. sinar ini lebih dikenal dengan nama UV A dan UV B.

foto: copyright Vemale.com

"Sifat UV A yaitu dapat menembus beberapa jenis benda seperti awan, kaca hingga pakaian. Dia menembus lebih dalam hingga ke dalam kulit. Dalam jangka waktu yang lama, akan menimbulkan mutasi genetik, hingga dapat berubah jadi kanker. UV A memang cukup berbahaya," ujar dr Abraham saat ditemui pada acara kampanye Nivea Enjoy The Sunshine Goodness di kawasan Sudirman Jakarta Pusat Kamis 23 April 2015.

Masih menurut dr. Abraham Arimuko, sinar UV B memiliki sifat sebaliknya, yakni tidak bisa langsung menembus. Biasanya, efek yang dihasilkan bisa langsung terlihat, seperti kulit menjadi gelap ataupun memerah. Namun hal tersebut masih banyak orang yang melum memiliki kesadaran untuk memproteksi kulitnya secara layak dari sinar UV.

Hasil riset yang dilakukan oleh PT. Baiersdorf Indonesia melalui Nivea memperlihatkan bahwa masih banyak sekali orang yang mengabaikan bahaya atau efek sinar UV terhadap kulit. Menurut dr. Abraham untuk menjaga serta merawat kulit dari sinar UV, ada dua poin yang wajib dilakukan oleh seseorang antara lain dengan menjaga kelembaban kulitnya.

foto: copyright Vemale.com

"Untuk menjaga kelembaban kulit, jangan mandi dengan air terlalu hangat, pilih sabun yang tepat dan yang paling penting adalah aplikasikan pelembab dan preventif terhadap UV, dengan mengaplikasikan sun screen ataupun sun block," katanya. Lebih lanjut dirinya menjelaskan, gunakan sun screen atau sun block dengan Sun Protection Factor (SPF) yang nilainya 25, untuk kegiatan luar ruangan seperti ke kantor atau keluar rumah pakailah itu.

"SPF itu kan ada yang low hingga very high, yakni 6 sampai 50+. Normalnya 25 untuk kegiatan sehari-hari. Semakin tinggi SPFnya, tentu semakin bagus. Tapi makin tinggi SPF, makin susah cari sun screen atau sun block yang nyaman. Jadi, carilah produk yang tepat untuk kulit Anda," jelas dr Abraham. Nah Ladies, apakah Anda sudah melindungi kulit kesayangan Anda dengan krim yang tepat?

(vem/rsk)
;
Loading