Sukses

Lifestyle

Smart Board, Cara Belajar yang Memajukan Pendidikan Indonesia di Era Digital

Bisa dirasakan, perkembangan teknologi di setiap tahunnya selalu mengalami perubahan signifikan. Sehingga, tidak heran jika anak-anak zaman sekarang mudah beradaptasi dengan teknologi. Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 2 Mei telah diperingati Hari Pendidikan Nasional.

Sudah semestinya, dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap tahunnya, pendidikan di Indonesia juga semakin lebih maju. Kali ini, para praktisi pendidikan lebih memacu semangat berinovasi dan berkreasi demi kualitas pendidikan yang lebih baik.

Dalam Undang Undang RI No. 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional, tertuang jelas bahwa perkembangan teknologi bagi pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran. Proses ini sendiri agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri mereka.

Peluncuran Smart Board | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Melihat hal tersebut, melalui PT. EP-TEC Solutions Indonesia, kini telah hadir Smart Board. Smart Board yaitu sebuah papan tulis interaktif dengan teknologi baru yang canggih sebagai media utama presentasi dan pembelajaran. Perusahaan teknologi terkemuka ini menawarkan solusi untuk menjawab tantangan zaman yang dihadapi dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

Presiden Direktur EP-TEC Solutions Indonesia, Andika Pratama, mengungkapkan bahwa salah satu keunggulan utama yang dimiliki Smart Board adalah kemudahan pengoperasiannya. Dengan papan tulis ini, tenaga pengajar bisa sembari meluangkan banyak waktu untuk mempersiapkan materi pengajaran.

"Kita tidak mau menambah beban mereka, tetapi kita ingin meringankannya. Kita menawarkan suatu teknologi dimana pengguna tidak memerlukan waktu banyak untuk dapat langsung menggunakannya," tutur Andika saat ditemui pada acara peluncuran Smart Board 4000 & 6000 Series di Belleza Permata Hijau, Jakarta Selatan pada Selasa 5 Mei 2015.

Smart Board adalah produk unggulan yang digadang-gadang bisa memudahkan dan memajukan pendidikan di Indonesia | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, teknologi canggih ini juga dapat membuat pengajar saling bertukar atau mengunduh semua pelajaran dengan seluruh pengajar di berbagai dunia. Sekitar 56.000 mata pelajaran antara lain matematika, bahasa inggris, biologi dan sebagainya telah tersedia di Smart Board.

"Smart Board sangat mudah digunakan, hanya melalui sentuhan tangan maka kita dapat mengontrol semua aplikasi yang ada di dalam komputer. Tenaga pengajar pun dapat membuka, mengedit, menghapus, menyimpan dan mengirim dokumen apapun langsung dari Smart Board," jelas Andika.

Beberapa sekolah swasta, negeri mau pun internasional yang ada di Indonesia sudah mulai menggunakan alat canggih dari Kanada tersebut. Hasilnya, banyak para murid menjadi lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran mereka setiap harinya di sekolah. Namun, masih banyak juga sekolah seperti di daerah yang belum bisa memakai teknologi canggih ini.

Peluncuran Smart Board oleh PT. EP-TEC Solutions Indonesia | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Kami menginginkan agar seluruh murid-murid di Indonesia dapat terekspos dengan kemajuan teknologi. Kami sangat memimpikan agar murid-murid di pedalaman dapat merasakan pendidikan yang sama seperti yang diterima oleh murid-murid yang berasal dari kota-kota besar. Dan kami juga berharap agar solusi kami ini bermanfaat dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dengan baik," tutup Andika.

Wah, menarik ya Ladies. Semoga saja dengan alat ini pendidikan di Indonesia semakin maju dan semakin baik. Semoga pula semua putra-putri bangsa Indonesia menjadi generasi penerus bangsa yang semakin cerdas serta mampu bersaing dengan bangsa lain di dunia.

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading