Sukses

Lifestyle

Berbagi Resep Rumahan, Diah Didi Luncurkan Buku 62 Resep Masakan Lezat Untuk Menu Sehari-hari

Ladies, Anda pecinta masakan Indonesia dan sering mencari resep-resep masakan di internet? Mungkin Anda juga mengenal wanita yang satu ini, Diah Didi. Sebelumnya, Diah Didi juga pernah mengisi profil wanita inspiratif dan berbagi banyak resep dari blog-nya di Vemale.com.

Nah, setelah berbagi banyak resep masakan melalui blog pribadinya, kini Diah Didi datang dengan resep masakan rumahan dalam bentuk buku yang tentu saja bisa dibawa ke mana-mana. Ingin tahu lebih dekat dengan Diah Didi dan buku barunya? Berikut ini wawancara yang dilakukan Vemale dengan Diah Didi.  

1. Bagaimana perasaan Mbak Diah Didi bisa membuat buku untuk yang pertama kalinya?

Seneng banget ya, karena memang dari dulu setelah banyak menulis resep di web, yang udah berjumlah 1000 resep lebih, aku sudah lama mempunyai cita-cita untuk bisa menerbitkan buku cetak. Nah, kesempatan itu datang dari FMedia Jakarta yang menawari aku untuk jadi salah satu penulisnya. Seneng banget rasanya, secara susah kan biasanya menembus ke penerbit besar, apalagi jika belum punya pengalaman nulis buku sebelumnya.

Alhamdulilah mungkin sudah jodoh kali ya, setelah ketemu mba Tety Yuliawati dari FMedia, aku langsung merasa sreg untuk segera bekerja sama dalam menerbitkan buku ini. Ahamdulillah kok ya langsung klik, kami satu visi dan tujuan, yaitu membuat buku resep masakan praktis dan mudah yang bisa bermanfaat buat ibu-ibu muda yang sibuk atau buat pemula yang baru belajar masak. Jadilah buku pertama 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI yang sudah terbit dan beredar sekarang ini. Selain di toko buku, aku pun melayani pembelian buku ini langsung secara online. Alhamdulillah dalam waktu dua minggu promosi ini aku sudah kehabisan stock terus di rumah dan minggu ketiga besok nih baru datang lagi buku dari gudang penerbit di Jakarta.

2. Apa tema buku resep Diah Didi kali ini? Poin penting apa yang ingin ditonjolkan atau disampaikan?

Tema resep dalam buku perdanaku kali ini adalah panduan menu praktis untuk sehari-hari. Resepnya komplit, terdiri dari 62 resep, 10 resep daging, 10 resep ayam, 10 resep tahu, 10 resep tempe, 10 resep sayur, 10 resep ikan & seafood, dan 2 resep tambahan. Jadi kurang lebih bisa menjadi buku panduan untuk menyusun menu dalam sebulan.

Dari pengetahuan dasar memasak di dapur, pengetahuan tentang bahan dasar, cara memilih, menyimpan, hingga mengolah bahan-bahan tersebut dengan cara yang praktis dan cepat. Jadi, walaupun ibu rumah tangga yang kegiatannya banyak ketika mengurus keluarga, atau wanita karir, ibu bekerja, yang tetap ingin meluangkan waktu sebentar di dapur untuk memasak masakan sehat untuk keluarga, sangat cocok jika memiliki buku ini. Jadi, selalu ada waktu untuk memasak..! ^^

3. Terinspirasi dari mana saja setiap resep masakan yang dibuat dalam buku ini? Berdasarkan pengalaman pribadi kah atau lain-lain?

Resep-resep dalam buku ini lebih banyak dari hasil masakan harian di rumahku. Kebanyakan sih menu-menu favorit suami dan anak, dan juga favorit aku sendiri..hihi. Beberapa menu juga terinspirasi dari tempat-tempat jajan favorit kami, yang biasanya menu-menu khas yang terkenal di suatu daerah, aku tuangkan dalam resep di buku ini dengan takaran bumbu dan cara memasak ala aku sendiri. Jadi terasa homey banget deh resep-resepnya.

4. Berapa menit waktu paling lama yang dibutuhkan pembaca untuk mempraktekkan resep ini di rumah? Tentunya pembaca ingin tahu karena mereka pastinya juga ingin membuat makanan yang praktis, cepat tapi tetap enak.

Dalam buku ini, memang konsepnya menu makanan cepat dan praktis, maksimal 35 menit dalam proses pemasakannya, namun tetap dengan variasi menu yang tidak membosankan. Jadi walaupun kita sibuk, kita tetap bisa membuat ayam goreng rempah favorit, steak crispy ala resto, atau iga penyet dan lain-lain. Dalam buku ini aku kasih tips memasak dengan cepat dan praktis, namun jenis masakan tetap variatif, dari tumisan, masakan bersantan, ungkep, goreng dan lain-lain, komplit deh. Selain itu juga dilengkapi panduan membuat bumbu dasar secara mudah dan praktis. Jadi memasak jadi lebih cepat, lebih mudah dan menyenangkan.

5. Mengapa sahabat Vemale perlu punya buku ini? Apa kelebihannya dan yang membedakan dari buku resep lain?

Kelebihan buku ini, banyak yang bilang dari teman-teman yang sudah membelinya, sangat praktis, mudah diikuti resepnya. Menu-menunya simpel tapi tetap kreatif dan variatif. Dengan pengunaan bahan-bahan yang murah dan cara memasak yang mudah, tapi dihasilkan menu-menu yang spesial dan variatif, seperti resep steak tempe, steak crispy, udang krispi dan lain-lain. Hasilnya juga enak.

Penulisan resep juga mudah di pahami dan jelas langkah-langkahnya. Desain buku menarik, nggak membosankan untuk dibaca dan dibolak balik. Buat yang baru belajar masak, sangat cocok, karena dilengkapi dengan berbagai macam tips dasar dalam memasak secara lengkap. Jadi jika mau kasih kado buat teman-teman sahabat Vemale yang baru mau menikah, cocok banget nih, buku ini pasti akan sangat bermanfaat.

6. Setelah buku "62 Masakan Lezat Untuk Sehari-Hari" ini, apa rencana ke depan Diah Didi? Apakah akan ada buku baru yang akan menyusul buku pertama ini, dan apa temanya?

Buku kedua sudah menyusul terbitnya, udah beredar Minggu ini, yaitu tentang kue kering. Pas banget kan momennya mau Lebaran, jadi buku resep BIKIN KUE KERING YUK  ini adalah buku panduan untuk pemula, yang baru mau belajar membuat kue kering sendiri di rumah.

Berisi aneka resep kue kering klasik dan variasi baru, yang mudah di praktekkan di rumah, bahan ekonomis, tapi hasilnya enak. Jadi bisa jadi panduan usaha juga untuk memulai bisnis kue kering buat teman-teman yang baru belajar usaha rumahan kue kering.

Buku ketiga rencananya aku akan menyusun buku tentang aneka kreasi snack murah meriah dan enak untuk usaha. Doakan ya semoga lancar dan bisa segera terwujud. Agar lebih banyak memberi manfaat kepada banyak ibu rumah tangga atau remaja putri yang ingin punya usaha sambilan di rumah, atau sekedar membuat aneka sehat dan kudapan sehat serta enak untuk keluarga di rumah.

Nah, itu dia wawancara singkat Vemale dengan Diah Didi. Jadi penasaran seperti apa buku resep Diah Didi yang berjudul "62 Masakan Lezat Untuk Sehari-Hari" ini kan? Pas banget dengan bulan Ramadan, Anda bisa ikutan kuis Vemale bagi-bagi buku berikut ini agar menu-menu berbuka dan sahur di rumah lebih spesial.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading