Sukses

Lifestyle

Dompet Dhuafa Ajak Berbagi Zakat di Ramadan 1436 H

Lembaga zakat Dompet Dhuafa ajak 16.000 penerima manfaat lewat 48 program yang telah disiapkan di seluruh Indonesia pada bulan Ramadan 1436 H. Program-program tersebut meliputi berbagai bidang antara lain, ekonomi, kesehatan, relief, pendidikan, dan dakwah.

Menurut Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini, program tersebut dapat melecut semangat masyarakat untuk lebih peduli terhadap sesama manusia. Program-program Ramadan 1436 H yang sudah dipersiapkan yaitu Ramadan Ceria di Perbatasan, Warung Tenda Takjil, dan Bike and Run 4 loVely Environment (BR4VE).

"Ramadhan Ceria di Perbatasan merupakan program pemberian parsel lebaran untuk anak-anak atau keluarga yang berada di beberapa daerah perbatasan. Selain pemberian parsel untuk lebaran, terdapat aktivitas lainnya, yaitu Outbond, Pesantren Ceria, Literasi Asik, Istana Kreativitas, dan Safari Ramadan," kata Ahmad saat ditemui dalam Press Briefing Ramadan 1436 H Dompet Dhuafa di Jakarta, Selasa, 16 Juni 2015.

Foto: dok. Vemale

Sedangkan, lanjutnya, untuk Warung Tenda Takjil, adalah kegiatan pemberdayaan ekonomi yang melibatkan kelompok masyarakat kurang mampu di wilayah dampingan. Para pedagang menciptakan produk-produk pangan yang aman dan halal dan dijual untuk makanan berbuka puasa.

"Dan BR4VE adalah kegiatan lari dan bersepeda untuk penggalangan dana program Air untuk Kehidupan dengan aplikasi Phyrunthropy. Dengan aplikasi tersebut, donasi akan didapat dengan ketentuan lari donasi sekian untuk berapa per km," jelasnya.

Terkait penghimpunan di Ramadan 1436 H, Dompet Dhuafa menargetkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) dapat mencapai Rp 80 Miliar di bulan Ramadan ini. Target tersebut dicanangkan atas dasar tren setiap tahunnya di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap Ramadan.

"Alhamdulillah dua tahun terakhir, penghimpunan Dompet Dhuafa saat Ramadan menunjukkan peningkatan. Tahun 2013 penghimpunan Ramadan Dompet Dhuafa mencapai Rp 52 Miliar dan tahun 2014 lalu Rp 64 Miliar," tambah Ahmad.

Tren peningkatan tersebut menunjukkan indikasi bahwa keinginan masyarakat untuk berbagi terhadap sesama dengan menyalurkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) saat Ramadan menjadi sangat tinggi. Selain itu, saat ini dengan melambatnya laju pertumbuhan industri tidak berpengaruh terhadap penurunan jumlah orang berdonasi.

Bagaimana, Ladies? Anda siap berbagi zakat di bulan Ramadan penuh berkah tahun ini? Semoga bulan Ramadan ini menjadi bulan penyucian diri yang memberi lebih banyak kebahagiaan untuk kita semua.



 
(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading