Sukses

Lifestyle

4 Tips Menghadapi Penolakan Dalam Hidup

Penolakan adalah bagian dari hidup, sama seperti kegagalan. Tidak semua harapan bisa terwujud dan bisa diterima oleh seseorang. Pati akan ada rasa sakit yang mengikuti penolakan tersebut dan itulah alasan mengapa penting sekali mengenali bagaimana cara meng-handle penolakan dalam hidup Anda.

Seperti dikutip dari boldsky.com, ada sekian cara sehat untuk menghadapi dan mengatasi rasa penolakan yang Anda alami, seperti berikut ini.

Lihat ke belakang dan lihat apa yang salah
Segera setelah mengalami penolakan, penting sekali untuk menganalisis apa yang salah dengan Anda atau apa yang Anda lakukan. Dari sini, Anda punya kesempatan untuk memperbaiki diri dan belajar sesuatu tentang diri sendiri.

Move on, belajar sesuatu dari masa lalu
Penting sekali untuk tidak berhenti pada kesalahan yang Anda buat dan terus menyesalinya. Ini hanya akan membuat Anda tidak berkembang. Sekali Anda tahu kesalahan Anda, belajar lah untuk tidak membuat kesalahan lagi. Anda harus melangkah ke depan untuk kesempatan yang lebih baik lagi.

Pergi melepas penat dengan teman
Saat rasa menyesal, sedih, kecewa, marah dan lain sebagainya menumpuk di pikiran dan hati Anda, sebaiknya Anda lepaskan dengan cara yang positif, misalnya pergi berlibur atau hang out dengan teman-teman. Melepas stres dan perasan negatif akan membuat Anda merasa lebih baik dan "diterima" lagi. Bahwa satu penolakan bukan lah akhir dari segalanya.

Sadari bahwa penolakan adalah hal yang wajar
Tidak ada yang sempurna dan bisa menerima semua hal yang Anda lakukan. Jadi sadari bahwa penolakan adalah hal yang wajar, normal, dan alami bisa terjadi pada siapa saja. Itu adalah bagian dari hidup.

Jadi, jangan galau hanya karena satu atau dua kali penolakan, karena hidup juga butuh rasa sakit. Jika tidak begitu, Anda tidak akan berusaha mendapatkan apa yang Anda inginkan, bukan?

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan Damai agar Tidak Terlalu Menyakitkan
Artikel Selanjutnya
Putus Cinta Bukan Masalah, 3 Zodiak Ini Cepat Move On