Sukses

Lifestyle

5 Negara di Dunia Dengan Waktu Puasa Paling Lama Sedunia

Selamat datang Ramadan, selamat datang bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda semua yang beragama muslim dan mulai menjalankan ibadah puasa di hari pertama kali ini. Semoga selalu sehat dan kuat hingga tiba waktunya nanti saat berbuka.

Jika pada umumnya di Indonesia dan negara-negara lain lama waktu berpuasa selama satu hari adalah 13 hingga 14, perlu kita tahu bahwa di beberapa negara lain di dunia memiliki waktu berpuasa yang terbilang paling lama di dunia. Dilansir dari laman emirates247.com, setidaknya ada 5 negara di dunia yang memiliki waktu puasa paling lama bahkan bisa mencapai 20 jam sehari.

Dimana saja negara tersebut? Berikut adalah negara-negara yang memiliki waktu paling lama di dunia.

(vem/mim)

Belanda

Negara pertama yang dikatakan memiliki waktu berpuasa paling lama adalah negara kincir angin atau Belanda. Ya, seperti juga dilansir dari laman merdeka.com, Belanda tercatat sebagai negara yang akan memiliki waktu selama 18 jam untuk berpuasa setiap hari selama satu bulan ramadan. Penduduk muslim di Belanda sendiri tercatat cukup besar dan bahkan dikatakan sebagai pemeluk agama terbesar kedua setelah umat Kristen.

Dari semua populasi yang ada, tercatat 4 persen populasi di Belanda memeluk agama Islam. Pemeluk agama Islam ini sendiri kebanyakan berasal dari Turki, Maroko, Pakistan, Suriname dan Afrika. Mereka pada umumnya tinggal di kota terbesar di Belanda seperti Amsterdam, Rotterdam, Utrecht dan Hague.

Islandia

Negara kedua yang memiliki waktu terlama untuk berpuasa adalah Islandia. Ya, negara yang terkenal dengan pesona alam berupa Aurora Borealis ini dikatakan memiliki waktu berpuasa selama 20 jam penuh setiap hari selama bulan ramadan.

Meski penduduk muslim di negara ini terbilang sangat minoritas yakni 0,44 persen dari seluruh populasi yang ada, penduduk muslim di negara ini sangat menghargai agama mereka dan juga dengan patuh menjalankan kewajiban serta haknya sebagai penganut agama Islam.

Norwegia

Inilah negara ketiga yang memiliki waktu berpuasa paling lama di dunia. Sebagai agama terbesar kedua setelah Kristen, di negara ini umat Islam selalu menjalankan ibadah puasa ramadan dan ibadah lain dengan baik. Berdasarkan data pemerintah, penduduk muslim di Norwegia dikatakan sebanyak 2,4 persen dari jumlah populasi yang ada di sana.

Pada ramadan tahun ini, penduduk Norwegia akan melaksanakan ibadah puasa setidaknya selama 20 jam setiap hari mulai waktu imsak hingga maghrib tiba. Dari 2,4 persen populasi muslim, sebagian besar dari mereka beraliran Sunni dan mereka tinggal di Oslo ataupun Akershus.

Swedia

Dan inilah negara selanjutnya yang memiliki waktu berpuasa terlama di dunia, Swedia. Pada tahun 2009, negara Swedia tercatat memiliki penduduk muslim mencapai 106 ribu orang dari semua populasi yang ada. Dan kini, data lain menyebutkan bahwa penduduk muslim di negara ini telah mencapai 500 orang atau 5 persen dari semua populasi yang ada.

Sama dengan Norwegia dan Islandia, pada tahun ini penduduk muslim di Swedia akan menjalankan ibadah puasa selama 20 jam setiap harinya. Meski waktu berpuasa ini cukup lama, penduduk muslim di negara terbilang sebagai muslim yang taat dalam menjalani perintah agama. Penduduk muslim di Swedia sendiri kebanyakan berasal dari Irak, Iran atau negara Timur Tengah Lainnya.

Denmark

Lebih lama daripada penduduk muslim di Norwegia atau Swedia, penduduk muslim di Denmark bahkan harus berpuasa selama 21 jam penuh dalam setiap hari selama bulan ramadan. Umat muslim di negara ini sendiri diketahui berjumlah sekitar 3,7 persen dari jumlah keseluruhan populasi yang ada atau sekitar 270 jiwa.

Mayoritas penduduk muslim di Denmark sendiri adalah pengikut aliran Sunni, yang kemudian diikuti oleh Syiah, sedikit Salafi dan beberapa Wahabi. Muslim di negara ini sendiri dikatakan berasal dari Iran, Somalia dan juga Bosnia.

Ladies, itulah beberapa negara dengan waktu terlama untuk menjalankan ibadah puasa setiap harinya di bulan ramadan. Jika warga muslim di negara-negara ini kuat dan bisa dengan ikhlas menjalankan ibadah puasa meski dalam waktu yang lama, setidaknya kita yang menjalankan ibadah puasa dalam waktu yang tak terlalu lama juga bisa lebih kuat serta lebih ikhlas dari mereka ya... :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading