Sukses

Lifestyle

Wujudkan Impian Dengan Perencanaan Keuangan Tepat

Setiap orang pasti memiliki keinginan, kebutuhan, target dan cita-cita yang ingin dicapai di masa mendatang. Dalam mewujudkannya, diperlukan perencanaan yang matang, karena seringkali membutuhkan persiapan dan biaya yang tidak sedikit.

Perencanaan pengelolaan keuangan yang baik dan terencana akan membantu Anda mempersiapkan dan memperoleh dukungan finansial yang tepat untuk mewujudkan itu semua.

"Perencanaan keuangan merupakan salah satu kunci keberhasilan mengelola keuangan dan mencapai target finansial Anda. Dan sebaiknya perencanaan keuangan dimulai sedini mungkin, yaitu begitu Anda memiliki penghasilan atau target di masa depan," kata Rian Kaslan selaku EVP dan Head of Wealth Management and Business Strategy Commonweatlh Bank Indonesia di kawasan Jakarta, Rabu 15 Juli 2015.

Rian Kaslan | copyright Vemale.com

Ia juga menambahkan, dalam proses pencapaiannya, target finansial setiap orang berbeda-beda, tetapi ada komponen-komponen penting yang perlu diperhatikan dan dimasukkan dalam perencanaan keuangan Anda.

Ada tiga komponen utama yang sebaiknya dimasukkan dalam perencanaan setiap orang, yaitu:

    Dana Darurat

    Berupa jenis simpanan yang siap dipergunakan ketika terjadi kondisi yang sifatnya darurat. Dana darurat disiapkan untuk keperluan-keperluan yang tidak terduga, seperti kebutuhan pemenuhan biaya hidup sementara jika terjadi pemutusan hubungan kerja, keperluan ke rumah sakit atau untuk membantu keluarga. Nilai minimal dana darurat yang dianjurkan adalah tiga kali dari penghasilan bulanan yang diperoleh.

    Asuransi

    Asuransi memiliki fungsi yang hampir sama dengan dana darurat, karena pada dasarnya asuransi merupakan suatu mekanisme yang memberikan perlindungan pada pihak tertanggung apabila terjadi risiko datang.

    Investasi

    Definisi dari investasi sendiri adalah menanamkan modal, sehingga kerap kali orang beranggapan bahwa semua hal yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi yang membutuhkan modal berarti investasi.

Jadi tunggu apa lagi Ladies? Mulailah rencanakan keuangan dari sekarang, sehingga perencanaan keuangan Anda menjadi jelas.

(vem/yun/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading