Sukses

Lifestyle

Kazim Gurbuz, Guru Yoga Usia 95 Tahun Yang Percaya Bisa Hidup 130 Tahun

Bagi setiap orang tentunya, ingin memiliki tubuh sehat dan selalu awet muda meski usianya sudah tua. Pada dasarnya, impian untuk bisa selalu awet muda bukanlah perkara yang susah. Selama kita mau menjalankan pola hidup yang sehat dan rajin melakukan yoga serta mengurangi tingkat stres pada pikiran, kita pun bisa selalu awet muda seperti halnya kakek berusia 95 tahun ini.

Dilansir dari laman metro.co.uk, kakek ini bernama Kazim Gurbuz. Tidak hanya awet muda, kakek Kazim juga mengatakan bahwa dirinya dan kita semua bisa hidup mencapai usia 130 tahun. Kakek yang juga seorang guru yoga ini mengatakan jika untuk bisa awet muda dan memiliki usia panjang, kuncinya hanya satu. Yakni, dengan menekan pikiran bahwa kita akan awet muda dan akan memiliki usia panjang.

Kakek Kazim dan salah satu muridnya | Photo: Copyright metro.co.uk

Meski kunci utama untuk bisa awet muda dan berusia panjang adalah yakin akan hal itu. Kakek Kazim menyarankan agar kita juga melakukan pola hidup yang sehat. Agar terlihat awet muda dan sehat, sehari-hari, kakek berusia 95 tahun ini aktif melakukan olahraga yoga di pagi hari, aktif berada di bawah sinar matahari pagi, minum air putih cukup dan diet kaya nutrisi seperti konsumsi kacang-kacangan, lada, teh herbal, zaitun dan satu sendok madu murni setiap pagi. Kepada wartawan, ia mengatakan jika ia juga membatasi segala makanan instan.

Guru yoga ini mengungkapkan bahwa, ia memulai gaya hidup sehat dan mencintai yoga sejak usianya 41 tahun. Saat itu, ia mengalami kecelakaan dan membuatnya patah tulang punggung. Kecelakaan ini pun membuat kakek Kazim mengalami lumpuh pada bagian tubuh ke bawah. Awalnya, ia hampir putus asa dan kecewa. Namun, teman-temannya mencoba untuk menguatkannya dan melakukan beberapa eksperimen terhadap dirinya melalui yoga dan peregangan tubuh. Tak hanya teman yang membantunya dalam peregangan, ia sendiri mencoba peregangan melalui 63 gerakan berbeda.

Yoga adalah salah satu cara agar ia awet muda dan memiliki usia panjang | Photo: Copyright metro.co.uk

Kakek Kazim mengatakan

"Saya melakukan 63 percobaan peregangan dan gerakan yoga pada diri saya sendiri. Hal ini membuat tubuh saya kembali pulih dan saya pun bisa berjalan kembali. Saya melakukan peregangan ini sedikitnya selama 9 bulan. Usaha dan keyakinan saya perlahan membuat saya pulih dari kelumpuhan. Selain usaha, saya selalu ingat akan kebesaran Tuhan."

Guru yoga ini juga menambahkan "Sebelum kecelakaan itu, saya punya banyak uang dan dipuji banyak wanita. Saya lupa diri dan menjadi sombong. Kecelakaan itu mungkin peringatan dari Tuhan agar saya memperbaiki hidup. Banyak pelajaran yang bisa saya petik dari kisah yang saya alami. Semua orang sesungguhnya memiliki kekuatan untuk merawat diri dengan baik dan tepat. Saya juga harus tetap menjadi pribadi yang tenang, sabar dan apa adanya untuk bisa seperti sekarang ini. Dan saya percaya, saya maupun kita semua bisa memiliki hidup lebih dari 130 tahun."


Sejak kisah dan rahasia awet muda dari kakek Kazim menjadi pemberitaan hangat di berbagai media, kini ia telah menginspirasi banyak netizen untuk memulai menjalankan pola hidup sehat pula. Semoga, cerita dan rahasia awet muda dari kakek Kazim ini juga membuat kita semua menyadari bahwa menjalankan pola hidup sehat itu sangat penting ya. Semoga kisah ini bermanfaat dan mampu menginspirasi kita semua. Terima kasih telah berbagi cerita.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading