Sukses

Lifestyle

Tips Idul Adha: Takut Kolesterol? Olah Daging Sapi dan Kambing dengan Rempah

Saat Idul Adha, menu daging adalah sajian wajib di setiap rumah. Sayang, tidak semua anggota keluarga dapat menikmati sajian daging sapi maupun kambing karena khawatir akan kadar kolesterol tinggi yang terkandung dalam lemak daging. Nah, jika Anda termasuk salah satu yang memiliki kekhawatiran akan kadar kolesterol yang tinggi dari menu olahan daging ini, Anda mungkin biasa menggunakan tips memotong lemak dari daging sapi maupun kambing sebelum daging tersebut diolah menjadi menu masakan.

Tapi, menyiasati kadar kolesterol pada lemak daging sapi maupun kambing tidak hanya dapat dilakukan dengan memotong bagian lemaknya lho. Sebab, mengurangi kadar lemak dalam daging sapi maupun kambing dapat Anda lakukan dengan memilih menu olahan yang benar.

Dilansir dari laman everydaylife.globalpost.com, memilih menu daging sapi maupun kambing dengan cara pengolahan yang tepat dapat membantu Anda mengurangi lemak yang terkandung dalam kedua jenis daging ini.

Sebagai contoh, menu daging yang diolah dengan cara dipanggang lebih rendah lemak daripada menu daging yang diolah dengan cara digoreng. Kenapa? Karena proses pemanggangan akan mengurangi lemak yang terkandung dalam daging. Sementara, menu yang diolah dengan digoreng justru lebih tinggi lemak, karena minyak yang digunakan untuk menggoreng juga mengandung lemak.

Selain itu, memasak dengan menggunakan rempah-rempah juga akan membantu mengurangi kadar lemak dalam daging. Beberapa contoh rempah yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi atau menetralisir kandungan lemak dalam daging adalah daun salam, daun jeruk, serai, kayu manis, cengkeh, rosemary, atau berbagai jenis rempah lainnya. Sementara contoh menu masakan yang biasa menggunakan rempah adalah soto, tongseng, gulai dan masih banyak lagi.

Oiya, selain membantu mengurangi kadar lemak dalam daging kambing, penggunaan rempah dalam menu olahan daging ini juga akan membantu mengurangi bau prengus dari daging, terutama daging kambing lho! So, sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui deh!

Di samping penggunaan rempah, penambahan sayur-sayuran dalam menu masakan olahan daging ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam daging. Pasalnya, sayuran yang tinggi serat dan vitamin akan membantu menetralisir lemak dalam daging.

Nah, semoga tips ini akan membantu Anda dalam menemukan ide olahan masakan yang aman untuk kolesterol ya. Tapi, meski sudah dimasak dan diolah dengan benar, Anda sebaiknya tetap mengontrol jumlah konsumsi daging jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi agar kesehatan tetap terjaga.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading