Sukses

Lifestyle

10 Steps Memulai Bisnis Meski Kamu Bekerja Full-Time

Setiap orang pasti ingin punya penghasilan besar, baik pengusaha maupun karyawan kantoran. Namun bagaimana caranya mendapatkan penghasilan lebih saat kamu sudah punya pekerjaan tetap yang full-time? Salah satu caranya adalah membuka bisnis kecil-kecilan.

Orang seringkali ragu melepas pekerjaannya dan memulai bisnis karena kurang yakin bisnisnya akan berhasil. Nah, jika kurang yakin dan daripada mengambil risiko yang besar, berikut ini ada sekian cara memulai bisnis tanpa harus melepaskan pekerjaan tetap kamu.

    Pikirkan pilihan dan ide

    Ambil buku dan catat apa yang ingin kamu lakukan sebagai bisnis. Tulis ide-ide yang kemungkinan besar bagus dijadikan bisnis.

    Tentukan tujuan

    Setelah mendaftar semua ide, pilih salah satu yang sesuai dengan bidang, kemampuan, atau keinginanmu. Ini akan membuatmu lebih fokus. Tulis visi dan misi bisnis yang akan kamu bangun. Tentukan siapa yang akan jadi costumer atau pasar, lingkup masyarakat seperti apa yang kamu tuju. Tentukan pula di mana kamu akan berjualan.

    Tentukan waktu yang kamu bisa

    Tentukan waktu mana yang senggang dalam satu hari dan buatlah jadwal kegiatan selama seminggu. Temukan waktu-waktu luang dalam keseharianmu dan di situlah kamu bisa mulai mengerjakan bisnis.

    Manfaatkan teknologi

    Sosial media saat ini sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan bisnis kecil dalam bidang promosi. Seperti yang kamu tahu tentang berbagai onlineshop, manfaatkan media sosial yang kamu punya semaksimal mungkin untuk promosi produk yang kamu jual.

    Buang kebiasaan "buang waktu"

    Ganti kebiasaan nonton TV 3 jam setiap malam, jadi 1 jam saja. Gunakan sisa waktu 2 jam untuk mengerjakan bisnis yang akan kamu jalankan. Tinggal pilih, mau lebih sukses atau tetap dengan hidup yang stagnan?

    Lakukan apa yang kamu suka

    Selalu terapkan hal ini. Bisnis yang kamu jalani harus sesuatu yang benar-benar kamu sukai. Jika membuat kerajinan tangan adalah hobi dan keahlianmu, tekuni dan buat karya unik yang belum ada di pasaran. Menjalani bisnis tidak akan terasa seperti bekerja selama kamu suka.

    Sharing dan minta pendapat teman dan keluarga

    Manfaatkan teman-teman di sekitarmu sebagai motivator atau kritikus yang akan memberi pendapat, masukan, saran dan memberi gambaran tentang produk yang kamu jual Dari mereka, kamu akan tahu kelemahan dan kelebihan produkmu dan apa yang harus diperbaiki untuk memajukan bisnis.

    Tetapkan target yang realistis

    Kamu mungkin tidak akan bisa langsung menghasilkan banyak saat memulai bisnis, tapi kamu tetap harus punya target. Buat target yang tidak muluk, yang realistis. Targetmu harus mudah dicapai namun tetap memberikan tantangan.

    Lakukan research

    Ikuti apa yang tren saat ini, apa yang orang suka, apa yang orang cari atau apa yang biasanya orang butuhkan. Ini membantu banyak produk yang akan kamu jual. Planning setiap langkah yang kamu ambil.

    Catat setiap penjualan, pengeluaran dan keuntungan

    Catat ketiga hal tersebut, usahakan untuk selalu meminimalkan pengeluaran dan menaikkan keuntungan. Estimasi pengeluaran dan keuntungan harusĀ  besar keuntungan. Buat statistik perkembangannya agar kamu tahu sejauh apa bisnis ini berjalan.

Jadi, tak ada halangan untuk memulai bisnis kecil jika kamu bisa melihat peluang usaha dan memanfaatkan keterampilan yang kamu miliki. Kamu bisa memulai bisnis tanpa harus melepas pekerjaan tetapmu. Happy working and enterprenering ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading