Sukses

Lifestyle

Sahabat Ngasih Pengaruh Buruk? 4 Sikap Ini Bisa Menyelamatkanmu

Dia selalu mengatakan hal-hal negatif padamu, padahal dia adalah orang terdekatmu. Kamu dan dia sudah lama saling mengenal dan akrab, tapi mendadak ia jadi orang yang memberi pengaruh dalam hidupmu. Mau menjauhinya, tapi kamu takut melukai hatinya. Tapi kalau kita tak menjaga jarak, bisa-bisa hidup kita sendiri yang malah berantakan.

Wah, kalau sudah begitu, harus gimana nih? Intinya kamu juga perlu tegas, Ladies. Kamu perlu mengambil sikap demi kebaikanmu juga orang-orang terdekatmu.

    Cari Saran dari Orang Lain

    Mungkin kamu bisa curhat ke orang tua atau sahabatmu yang lain. Coba cari sudut pandang baru dari orang lain. Kamu bisa coba mengkonfirmasi apakah benar yang ia lakukan itu memberi pengaruh buruk padamu. Kumpulkan saran dan masukan dari orang-orang di sekitarmu. Tapi pastikan orang itu bisa dipercaya, ya Ladies.

    Bicara Empat Mata Dengannya

    Kalau kamu sudah merasa pengaruhnya terlalu buruk padamu. Misal, dia selalu membujuk dan mengajakmu berfoya-foya. Kamu bisa luangkan waktu khusus untuk berbicara empat mata dengannya. Curahkan hatimu dan perasaanmu. Utarakan saja hal-hal yang selama ini membuatmu tak nyaman. Tapi sebisa mungkin jangan langsung menghakiminya, ya Ladies. Dia mungkin punya alasan lain kenapa berubah.

    Luangkan Waktu dengan Orang-Orang yang Lebih Positif

    Saatnya untuk lebih bijak lagi memilih teman atau orang yang bisa dipercaya. Kalau dia terus memberi pengaruh buruk dalam hidupmu, kamu perlu "menetralkannya" dengan menghabiskan waktu lebih banyak lagi dengan orang-orang yang lebih positif.

    Saatnya untuk Berkata 'Tidak'

    Teman yang baik tak akan menjatuhkan atau menghancurkan hidup temannya sendiri. Saatnya kamu berani berkata "tidak" atau menolak ketika ia mulai mengajakmu melakukan hal-hal yang buruk. Kamu pasti sudah cukup dewasa untuk membedakan mana yang baik dan buruk untuk hidupmu. Saatnya untuk berani mengambil sikap, Ladies.

Hal baik dan buruk yang datang dari orang-orang terdekat, disadari atau tidak, pasti akan mempengaruhi hidupmu. Kini, tinggal bagaimana kita sendiri yang berani ambil sikap dan membuat pilihan hidup seperti apa yang kita mau dan inginkan.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading