Sukses

Lifestyle

Citra Natasya, Wanita Inspiratif Berbagi Cerita Seimbangkan Karier dan Keluarga

Memiliki segudang kegiatan khususnya dalam organisasi sosial butuh dedikasi khusus. Bahkan tak semua orang bisa melakoni semua tugasnya, sampai ada yang keteteran atau berhenti di tengah jalan. Namun, berbeda dengan wanita kelahiran 16 Juli 1990 ini, Citra Natasya. Ia mengaku bisa melakukannya dengan seimbang dan bisa berjalan lancar menjalani semua kegiatan dan rumah tangganya.

Apa sih kegiatan positif yang dijalani wanita bertubuh mungil ini? Ya, berawal mengikuti Yayasan Youth dan kini menjadi salah satu founderkomunitas perempuan yakni HOPE (House of Perempuan), Citra memiliki segudang penghargaan dan pengalaman yang tak bisa digantikan oleh apapun. Kisah hidupnya pun sangat menginspirasi. Penasaran? Yuk, kita simak obrolan Citra bersama Vemale di sini.

Sejak kapan mulai ikut berorganisasi?

Berawal dari ikut Yayasan Youth bersama teman. Anak muda itu salah satu passion aku, yang selalu aku konsentrasikan. Punya pengalaman jadi pembicara talkshow, bikin seminar, dan tahu anak muda Indonesia seperti apa. Waktu kuliah juga ikut organisasi, IYC, dan sekarang punya House of Perempuan.

Foto: dok. Vemale

Alasan mendasar apa ingin mendirikan House of Perempuan (HOPE)?

Mendirikan HOPE sama sahabat SMA, pengen bikin sesuatu yang berbagi ke lingkungan dan fokusnya ke perempuan. Perempuan vokal juga dan ingin dibantu, jika perempuan bertambah kualitasnya generasi ke depan InsyaAllah menjadi lebih baik.

Apa saja yang sudah dilakukan oleh House of Perempuan (HOPE) untuk wanita Indonesia?

Dari tahun 2013, dua tahun berjalan House of Perempuan semakin banyak partner dan akan terus berjalan, kita mau bikin untuk survivor cancer, dan setiap ada event profitnya kita sumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Entah perempuan yang mengalami kekerasan atau perempuan yang sedang berjuang, atau UKM yang perlu kita bantu, seperti ibu-ibu di pedesaan itu tahu mereka mau bikin apa, tapi tidak tahu jualnya ke mana kita langsung turun ke jalan.

Pernah kerjasama dengan beberapa brand, dan pernah juga kita bertemu ibu-ibu di Keranggan Bekasi, lebih ke penyuluhan kota datangi ke situ untuk diberikan obat gratis, pernah juga tes HIV gratis untuk anak muda.

Foto: dok. Vemale

Penghargaan apa yang sudah diterima?

Aku ngumpulin semua penghargaan sejak masih sekolah umur 15 tahun. Pertama untuk menghargai karir sendiri sudah sampai di mana, kedua untuk mengevaluasi diri sendiri dan ketiga tanda terima kasih kepada yang udah ngundang. Pernah kepilih 100 perempuan berpengaruh tahun 2013, 2014 terpilih 22 perempuan yang bisa menginspirasi dari organisasi Leo Club, menjadi pembicara seminar, dan masih banyak lagi.

Penghargaan yang paling berkesan?

Semuanya memiliki karakter masing-masing, tapi yang jelas 22 wanita menginspirasi aku senang banget karena disandingkan dengan orang yang mumpuni seperti Melanie Subono, dan banyaklah, berdiri di samping mereka aku happy banget.

Bagaimana cara membagi waktu bersama keluarga?

Desember ini dua tahun saya menikah, sekarang masih sama-sama supportkarir. Yang penting komunikasi, kalau suami ngomong apa ikutin, kita yang penting di sini harus melawan ego menjadi seorang istri. Kedua, harus mengatur prioritas. Dan ketiga semua tentang family, apa yang diperlukan keluarga kita harus prioritaskan.

Harapan ke depan?

Semoga karir saya dan suami berjalan dengan lancar, dan semua kegiatan yang saya jalani juga berjalan lancar semuanya seimbang.

Terima kasih Citra sudah berbagi kisah dan pengalaman. Sukses terus ke depannya.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading