Sukses

Lifestyle

Tips Atur Keuangan Cegah Bokek, Mulai Coba Sekarang Yuk!

Punya keuangan yang stabil dan nggak gampang bokek? Wah, mau banget dong pastinya. Mengatur keuangan bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena tipsnya bisa langsung dipraktekan. Susah karena kadang kita tak bisa mengendalikan diri kita sendiri.

Ladies, kalau kamu sudah punya pekerjaan dan karier serta dapat penghasilan rutin, saatnya untuk lebih disiplin lagi mengatur pemasukan dan pengeluaranmu. Selengkapnya, yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

Menabung di Awal Bulan
Baru dapat gaji dan penghasilan? Segera sisihkan sebagian untuk ditabung. Jangan menunggu akhir bulan atau sisa uang untuk menabung.

Dengan menabung di awal bulan, kamu akan lebih mudah untuk mengatur keuanganmu sepanjang bulan. Kamu akan "dipaksa" untuk benar-benar mengirit dan menghemat dengan sisa uang yang ada. Jadi, kamu lebih mudah mengendalikan hasrat belanjamu sebulan penuh.

Belanja Waktu Butuh Saja
Belanjalah ketika benar-benar butuh, Ladies. Hindari juga stalking toko-toko online kalau sedang tidak benar-benar butuh sesuatu. Sebelum membeli sesuatu, pastikan kalau barang tersebut memang kamu butuhkan bukan yang sekadar kamu inginkan.

Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran
Penting nih untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaranmu. Jadi kamu bisa memonitor dirimu sendiri ketika kamu sudah mulai boros. Kamu juga bisa menahan diri saat pengeluaran sudah mulai menunjukkan tanda-tanda melebihi pemasukan.

Bikin Anggaran Rutin
Bulan ini apa saja keperluan dan barang-barang yang mau kamu beli? Catat lagi dengan detail kira-kira ada barang mahal atau mewah nggak yang kamu perlukan di bulan ini? Bikin anggarannya sejak awal, lalu siapkan budget dengan tepat.

Komitmen dan kedisiplinan jadi kunci utamamu punya keuangan yang stabil, Ladies. Kalau kamu sudah bisa mengatur keuangan dengan baik, yakin deh hidupmu akan terasa lebih mudah.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading