Sukses

Lifestyle

Selain Rasanya yang Khas, Telur Hitam Ini Menyimpan Legenda Unik

Pernah lihat telur yang warnanya hitam? Umumnya sih cangkang telur berwarna cokelat atau krem. Kalau warnanya hitam, jelas ada sesuatu yang istimewa dan berbeda.

Di Owakudani, Jepang kita bisa menemukan telur hitam. Dilansir dari odditycentral.com, Owakudani yang dikenal sebagai lembah mendidih raksasa ini merupakan kaldera vulkanik yang terbentuk 3000 tahun lalu ketika Gunung Hakone meletus. Owakudani pun jadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Setiap tahunnya, banyak orang yang memburu telur hitam yang disebut Kuro-Tamago.

Kuro-Tamago pada dasarnya ada telur ayam biasa. Ketika direbus di kolam air panas yang kaya akan kandungan sulfurnya di Owakudani, warna cangkang telur berubah jadi hitam. Sulfur dalam air rebusan bereaksi dengan cangkang telur dan membuat warnanya jadi hitam. Rasa telur rebus ini juga jadi sangat khas.

Foto: copyright odditycentral.com

Namun, ternyata bukan hanya rasanya saja yang khas, Kuro-Tamago juga menyimpan legenda unik. Menurut legenda, orang yang mengonsumsi Kuro-Tamago, usianya akan bertambah tujuh tahun.


Proses perebusan telur juga ada tekniknya sendiri. Telur dimasukkan dalam keranjang kawat, direbus di sumber mata air panas bersuhu 80 derajat selama satu jamu. Kemudian dikukus lagi dengan panas bersuhu 100 derajat selama 15 menit. Hasilnya, cangkang telur berubah jadi hitam sementara bagian isinya matang seperti telur rebus biasa.

Foto: copyright odditycentral.com

Telur hitam ini sangat terkenal di Hakone dan banyak dijual di toko-toko setempat. Harganya 500 yen (atau sekitar 57 ribu rupiah) untuk satu bungkus berisi lima telur. Wah, kalau makan lima telur hitam, menurut legenda usia kita akan bertambah 35 tahun ya?

Ladies, tertarik untuk mencicipinya? Atau mungkin kamu pernah menjumpai telur yang serupa di Indonesia?




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading