Sukses

Lifestyle

5 Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri Sebelum Wawancara Kerja

Menghadapi wawancara kerja pasti akan membuat jantungmu berdetak cepat karena nervous. Hal ini wajar, karena kamu tak ingin apa yang telah kamu persiapkan hancur berantakan, kamu ingin memberikan yang terbaik dan tak ingin menghadapi kegagalan. Kamu bahkan mungkin tak bisa tidur malamnya.

Tapi jangan biarkan rasa gugup atau nervous ini membuatmu tak percaya diri, karena saat kamu kurang percaya diri, semuanya bisa tak berjalan lancar. Coba tingkatkan rasa percaya dirimu dengan cara berikut ini.

    Persiapan yang matang

    Tentu kamu harus mempersiapkan apa yang perlu dilakukan atau dikatakan saat menghadapi wawancara. Bahkan kamu perlu menyiapkan baju, sepatu dan make up. Memilih kata-kata yang  tak berlebihan namun juga tak merendahkan diri sendiri. Buat profilmu mengesankan dan meyakinkan.

    Mempersiapkan diri menghadapi kegagalan

    Ini tidak kalah penting, ketika kamu punya harapan terlalu tinggi, kamu akan sangat kecewa. Mempersiapkan diri menghadapi kegagalan akan membuatmu lebih tahan banting, namun bukan berarti kamu merencakan untuk gagal.

    Stop pikiran negatif

    Hentikan semua pikiran negatif yang muncul di pikiranmu. Kmau sudah mempersiapkan sebisamu dan semampumu, jadi jangan membuat konsep buruk di dalam pikiranmu dan buang skenario buruk yang membuatmu takut sendiri.

    Ambil nafas, hembuskan

    Untuk membuatmu lebih rileks, berlatihlah pernafasan. Mengatur nafas adalah cara sederhana membuatmu lebih tenang.

    Hadapi dengan berani

    Percaya saja dengan apa yang kamu miliki. Tampil lah dengan yakin sehingga mereka pun bisa yakin denganmu. Keragu-raguan hanya akan membuatmu tampak lemah. Jadi tampil lah dengan wajah meyakinkan dan nothing to lose.

Memang susah mengendalikan perasaan saat seperti ini, tapi tak ada yang lebih baik mengendalikan dirimu sendiri selain kamu, termasuk untuk menghadapi wawancara kerja.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading