Sukses

Lifestyle

Penting, Jangan Lupakan 3 Poin Ini Dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Menulis surat lamaran yang potensial dilirik perekrut kerja sebenarnya gampang-gampang susah. Kamu perlu memberikan impresi pertama yang menarik bahkan memikat sehingga bisa dipanggil untuk wawancara. Nah, untuk kamu yang sedang kebingungan bagaimana menulis surat lamaran yang baik, 3 poin penting yang telah dirangkum dari laman jobsearch.about.com, berikut ini perlu kamu catat. Yuk, simak!

  • Ringkas. Kamu mungkin ingin menuliskan semua pengalaman atau keterampilan dalam CV atau surat lamaran. Namun, hindari mencantumkan terlalu banyak hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Buatlah tulisanmu singkat namun memikat. Tonjolkan mengenai hal-hal apa saja yang bisa kamu berikan pada perusahaan. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas namun tidak klise sehingga mudah dimengerti namun menarik.
  • Teliti. Pelamar kerja biasanya mengirim CV dan surat lamaran ke banyak perusahaan. Meski begitu, hindari bersikap ceroboh dengan melakukan copy paste tulisan pada semua surat lamaran. Kamu mungkin bisa menerapkan formula tulisan yang serupa namun isinya disesuaikan dengan perusahaan dan jenis profesi yang dilamarkan.
  • Statistik. Agar lebih menyakinkan, berikan poin statistik pada riset yang kamu pilih untuk menjadi argumen kamu. Misalnya ketika kamu menyebutkan jika saat ini kemampuan berbahasa China (yang menjadi salah satu kemampuanmu) sangat dibutuhkan. Kamu bisa menuliskan berapa banyak perusahaan yang bekerja sama dengan pihak dari Tiongkok dan memerlukan staff dengan kemampuan tersebut. Dengan begini, kamu bisa meyakinkan perusahaan tujuanmu untuk memilihmu sebagai karyawan mereka.

Nah, semoga kamu berhasil diterima di perusahaan impianmu ya! Semoga bermanfaat!  

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading