Sukses

Lifestyle

Tips Mencuci Sepatu Olahraga & Sneakers Dengan Mesin Cuci

Tidak seperti baju, sepatu punya teknik sendiri saat tiba waktunya dicuci. Sepatu olahraga dan sneakers atau sepatu kets punya bentuk yang tidak fleksibel sehingga harus dicuci sendiri dengan tangan. Sepatu olahraga dan sneakers juga perlu sering dicuci dibanding sepatu heels atau sepatu jenis lainnya karena biasanya lebih sering dipakai dan kotor.

Tapi terkadang malas banget kalau harus mencuci sepatu sendiri dengan tangan. Apalagi jika kamu tak punya banyak waktu dan harus segera memakai sneakersmu lagi. mencuci dengan mesin cuci takutnya tidak bersih dan lagipula tak ada saran untuk mencuci sneakers atau sepatu olahraga dengan mesin cuci karena bisa merusak mesin.

Nyatanya, ternyata kamu bisa kok mencuci sepatu di mesin cuci. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah melepas tali sepatu, cuci dan sikat sendiri tali sepatu dari debu dan kotoran. Setelah itu keluarkan sol sepatu dan rendam sepatu ke dalam air hangat.

  1. Oles deterjen dan sikat sebentar, kemudian putar di dalam mesin cuci dengan air deterjen kurang lebih selama 5 menit dengan air bersih.
  2. Masukkan kain handuk yang sudah tak terpakai, atau bisa juga masukkan kain baju lainnya yang sudah tidak terpakai bersama dengan sepatu. Cara ini bertujuan agar sepatu tidak terbentur dingin mesin cuci. 
  3. Kain yang ikut tercuci juga sekaligus akan menggosok sepatu secara tidak langsung di dalam mesin cuci sehingga kamu tak perlu membersihkannya lagi. 
  4. Setelah itu, bilas seperti biasa. 
  5. Jangan memasukkan sepatu ke dalam mesin pengering pakaian, melainkan masukkan ke mesin pemeras.
  6. Sebelum memasukkannya, lapisi dinding mesin pemeras dengan kain agar sepatu tidak berbenturan dengan dinding dan merusak mesin.
  7. Putar selama kurang lebih 3 menit, keluarkan sepatu yang sudah setengah kering, jemur di terik matahari hingga kering.

Mesin pemeras hanya akan mengurangi air pada sepatu, tidak memberikan suhu panas sama sekali sehingga tidak merusak sepatu. Kamu sudah bisa memakai sneakers dan sepatu olahragamu lagi.
 
Nah, kini kamu tak usah repot harus mencuci sepatu olahraga atau sneakers sendiri karena sebenarnya kamu pun bisa mencuci sepatu dengan mesin cuci.  

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menyimpan Cabai agar Awet dan Tidak Mudah Busuk
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dan Resep Olahan Ikan