Sukses

Lifestyle

Ingin Madu Asli Tahan Lama? Begini Cara Menyimpannya

Madu merupakan cairan kental berwarna kuning kecokelatan yang dihasilkan oleh lebah. Semua orang pasti tahu bahwa madu ini merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat dan nutrisi buat kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, madu dikatakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengingat segudang manfaat yang dimiliki oleh madu, nampaknya tidak sedikit orang yang sangat suka terhadap madu. Dan jika sudah sangat suka, orang ini akan membeli madu dalam jumlah yang banyak.

Sejauh ini, madu bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Tapi sayangnya, kita tidak bisa membedakan dengan baik mana yang madu asli dan mana yang madu buatan. Untuk madu asli sendiri, ia bisa bertahan hingga bertahun-tahun dan nutrisinya tak akan pernah hilang. Apalagi, jika kita menyimpan madu tersebut dengan benar dan tepat. Gimana sih, cara menyimpan madu asli agar ia tahan lama dan nutrisinya tak pernah hilang? Dari beberapa saran sahabat juga orang tua, inilah cara menyimpan madu asli agar tahan lama.

    Simpan Madu di Tempat Tertutup

    Pastikan untuk menyimpan madu di tempat yang tertutup dan bersih. Tempat tertutup bisa berupa botol atau wadah lain yang punya tutupnya. Menyimpan madu di tempat tertutup akan membuat madu ini tahan lama, kekentalannya terjaga dan nutrisinya pun tetap mengesankan. Menyimpan madu di tempat terbuka rentan membuat madu menjadi cair, mudah dihinggapi lalat atau serangga, rentan kemasukan kotoran baik debu atau kotoran lain. So, jika ingin madu tahun lama pastikan menyimpannya di tempat tertutup.

    Simpan di Tempat Yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

    Usahakan agar madu disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Madu yang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung akan membuat madu mudah rusak dan nutrisinya berkurang. Tak hanya membuat nutrisinya berkurang, madu yang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari tidak jarang akan membuat warna madu menjadi lebih hitam dan tidak menarik lagi.

    Jangan Simpan Madu di Wadah yang Terbuat Dari Logam

    Pastikan untuk menyimpan madu di wadah yang terbuat dari kaca atau plastik. Hindari menyimpan madu di wadah yang terbuat dari logam karena ditakutkan madu akan rusak dan justru berubah menjadi racun karena zat kimia berbahaya pada logam menyatu dengan madu. Kalau mau madu tahan lama dan tetap sehat, kamu bisa juga menyimpannya di wadah yang terbuat dari bahan alami seperti halnya kayu atau bambu.

    Simpan Madu di Wadah Yang Bersih dan Kering

    Pastikan bahwa madu kamu simpan di wadah yang bersih dan kering. Satu tetes air bisa saja membuat madu mudah rusak dan berbusa. Kalau air saja bisa membuat madu rusak, akan sangat fatal akibatnya jika kamu menyimpan madu di wadah yang mengandung hal lain di dalamnya.


Ladies, itulah cara mudah menyimpan madu agar tahan lama. Cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bukan? Semoga cara ini bermanfaat dan madu yang kamu simpan di rumah bisa tahan lama serta terjaga nutrisinya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading