Sukses

Lifestyle

Cara Menabung dengan Gaji Pas-Pasan

Ada istilah menabung pangkal kaya, kamu pun tahu begitu banyak manfaat yang kamu peroleh dari menabung. Dengan menabung kamu akan terhindar dari masalah keuangan seperti keterbatasan biaya saat tiba-tiba sakit, atau saat membutuhkan satu barang. Dengan menabung masa depan kamu akan terjamin.

Saat keinginan menabung semakin tinggi tetapi alasan gaji yang pas-pasan menjadi alasan untuk tidak dapat menabung. Uang yang kamu peroleh, di rasa tidak cukup karena uang gaji kamu selalu habis untuk kepentingan belanja rutin kamu. Hmmm, benarkah gaji yang kamu peroleh tidak cukup? Apa iya, gaji kamu terlalu kecil? Sehingga untuk menyisihkan gaji pun tidak bisa.

Bisa jadi gaji yang kamu peroleh bukannya tidak cukup tetapi sibuk kamu pindahkan ke tempat yang lain, seperti mall atau tempat makan mewah. Tahukah kamu, bahwa sebanyak apa pun uang yang kamu peroleh tidak akan pernah dapat memenuhi keinginan kamu. Dan kebiasaan untuk menghabiskan uang yang kamu miliki daripada ditabung adalah hal yang tidak dapat dibendung.

Untuk memulai menabung dengan gaji yang pas-pasan adalah mulai mengidentifikasi pengeluaran kamu. kebiasaan membeli kopi di kafe, nonton, perawatan di salon hampir setiap minggu hingga pengeluaran yang tidak penting lainnya. Mulai mengidentifikasi belanja maka kamu akan mengetahui apa saja yang dapat kamu alihkan sebagai dana tabungan.

Tidak perlu minum kopi setiap hari di kafe, kamu dapat mengganti dengan aktivitas lain yang lebih menyenangkan dan tentu saja lebih hemat. Berkomitmenlah untuk menghilangkan kebutuhan yang tidak perlu tersebut. Alihkan dana tersebut sebagai dana tabungan, dan lihat kejutannya berapa banyak uang yang terkumpul.

Nah, mudah sekali bukan? Selamat mencoba Ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading