Sukses

Lifestyle

Hebat! Masih 15 Tahun, Gadis Ini Mahasiswa Termuda Kedokteran

Bila kemarin kita berkenalan dengan mahasiswa termuda yang masih berusia 14 tahun yakni Syarifah Salsabila, kali ini mari kita berkenalan lagi dengan mahasiswa termuda yang nggak kalah hebat dan mengesankan lainnya. Ia adalah Rania Ifadha, seorang gadis yang masih berusia 15 tahun asal Semarang, Jawa Tengah. Dikutip dari laman unair.co.id, Rania merupakan mahasiswa termuda di Fakultas Kedokteran, UNAIR.

Dari laporan yang ada, Rania adalah gadis muda yang lahir pada bulan Februari 2001. Untuk itu, saat ini tercatat masih berusia 15 tahun. Kira-kira, bagaimana bisa anak yang masih berusia 15 tahun lolos seleksi SNMPTN dan masuk ke fakultas kedokteran? Hampir sama dengan Sabila, Rania adalah anak yang cerdas dan mengesankan.

Rania masuk ke pendidikan non formal TK saat usianya belum genap 3 tahun. Lalu, ia masuk sekolah dasar dengan usia kurang dari 5 tahun. Sementara untuk pendidikan SMP dan SMA, Rania mengikuti program percepatan belajar akselerasi. Dimana yang harusnya ia belajar selama 6 tahun menjadi lebih cepat dua tahun menjadi 4 tahun saja.

Rania (kiri), bunda (tengah) dan rektor Unair (kanan) | Photo: Copyright unair.co.uk

Menurut pengakuan Rania dalam bincang-bincang bersama Rektor UNAIR dan ribuan calon mahasiswa baru di sana, menjadi dokter adalah cita-cita Rania sejak kecil. Melihat prospek pendidikan kedokteran di UNAIR yang baik dan mengesankan, ia pun rela jauh dari orang tua di Semarang agar ia bisa menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran.

Pengakuan Rania ini juga dibenarkan oleh sang bunda yakni ibu Suhartini. Menurut ibu Suhartini, tekad menjadi dokter telah dimiliki oleh Rania sejak ia masih anak-anak. Tak hanya ingin memiliki gelar dokter saja, gadis berjilbab yang suka berpenampilan sederhana tersebut juga ingin profesinya tersebut bisa membantu banyak orang. Ia memutuskan untuk menempuh pendidikan di UNAIR karena ia juga ingin hidup lebih mandiri di luar provinsi.

Rania mengatakan, "Pertama sih, ada tekad dalam diriku. Dari kecil aku memang ingin sekali menjadi dokter dan berguna bagi banyak orang nantinya. Selain memang sudah minat, aku juga ingin mencoba hidup lebih mandiri dan tak hanya bergantung pada orang tua. Aku ingin hidup mandiri di tempat lain yang jauh dari rumah. Aku ingin lebih berkembang dan lebih baik dari sekarang."

Wah, cita-cita yang keren dan sungguh mengesankan ya. Semoga, Rania bisa belajar dengan baik dan lancar. Good Job Rania.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading