Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Membuat Dulce de Leche yang Manis dan Legit

Jika kamu menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan karamel, tentu akan menyukai saus karamel ini. Dulce de Leche ini dalam bahasa spanyol berarti gula-gula susu. Namanya memang unik dan manis, semanis rasanya. Kamu dapat menyajikan Dulce de Leche ini sebagai pelengkap roti atau campuran cake lainnya. Jika kamu biasa membeli sirup karamel ini, bagaimana kalau kamu mencoba untuk membuatnya sendiri.

Cara membuat Dulce de Leche ini relatif mudah. Ada dua cara untuk membuat Dulce de Leche yaitu dengan cara direbus dan dipanggang. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

    Direbus

    Membuat Dulce de Leche dengan metode ini yang perlu kamu lakukan hanya menyiapkan satu kaleng susu kental manis. Rebus satu kaleng susu kental manis, pastikan kalengnya terendam air semua. Rebus dengan api kecil selama 3 jam. Tidak perlu khawatir kaleng akan meledak, pastikan air untuk merebus kaleng susu jangan sampai kosong. Bagaimana mudah bukan? Untuk menjaga panas dan air mendidih sempurna gunakan panci stainless yang panasnya bagus dengan api kecil. Jika kamu menginginkan Dulce de Leche lebih encer, kamu cukup mengurangi waktu merebusnya.

    Dipanggang

    Selain merebus di panci, kamu dapat membuat Dulce de Leche dengan cara memanggangnya. Waktu yang digunakan pun relatif lebih singkat yaitu 90 menit. Cukup tuangkan 1 kaleng susu kental manis ke dalam wadah tahan panas. Tutup dengan alumunium foil. Rendam dalam air di wadah tahan panas (wadahnya lebih besar dan luas daripada yang pertama). Panggang selama 90 menit. Sekadar tips, jangan biarkan air dalam oven habis, tambahkan air setiap 30 menit.

Meskipun dimasak dengan cara berbeda rasa dan kelembutannya tetap sama, jadi kamu tidak perlu khawatir. Dulce de Leche ini dapat dinikmati sebagai pelengkap roti panggang, atau bersama camilan lainnya sebagai pengganti selai. Nah, tertarik untuk mencoba? Selamat mencoba Ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading