Sukses

Lifestyle

Bebas Hutang Bukan Mimpi, Ini Cara Cerdasnya

Satu hal yang paling menakutkan dari hidup adalah memiliki hutang, pinjamnya enak tapi giliran harus mengembalikannya. Huh, bisa membuat galau dan hidup tidak tenang. Lalu bagaimana jika memang hidup kamu harus bersinggungan dengan hal ini. Serba susah memang. Salah satu penyebab hutang adalah, masalah gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuan.

Ladies, jika saat ini kamu terjerat hutang dan ingin terbebas darinya. Berikut adalah cara cerdas dan tepat terbebas dari hutang. yuk, ikuti saran dari vemale berikut ini.

    Ubah Pola Hidup

    Jika kamu ingin semua hutang kamu segera lunas, hal yang pertama kali kamu lakukan adalah ubah pola hidup kamu. Jika selama ini kamu mementingkan keinginan daripada kebutuhan segera ubah hal ini. Hidup sesuai dengan penghasilan kamu. Karena selalu menuruti gaya hidup, berapa pun pendapatanmu tidak akan cukup.

    Tentukan Deadline

    Jika kamu sudah terlanjur memiliki hutang maka yang perlu kamu lakukan adalah beri deadline kapan kamu akan melunasinya. Jika perlu tunda dulu apa yang kamu inginkan. Hal ini penting agar hutang segera terlunasi dan kamu lebih tenang. Buat target kapan kamu akan menyelesaikan, dan sesuaikan berapa uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

    Manfaatkan Bonus

    Jika kamu memiliki hutang untuk sementara jangan gunakan bonus kamu untuk bersenang-senang. Manfaatkan bonus kamu untuk melunasi hutang yang kamu miliki. Ingat bebas dari hutang akan membuat hidup kamu lebih tenang.

    Hemat

    Untuk sementara kurangi waktu bersenang-senang. Mulai batasi waktu untuk menghabiskan waktu yang tidak produktif seperti nongkrong bersama teman. Jika perlu lakukan penghematan dengan membawa bekal dari rumah dan hindari membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Ladies, demikian 4 hal yang harus kamu lakukan agar terhindar dari hutang. Jangan sampai hidup kamu tidak tenang karena kepikiran hutang. Selamat mencoba.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Ketika Kamu Terjatuh, Jangan Pernah Salahkan Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Kita Memang Boleh Saja Berencana, Tapi Ingat Tuhan Penentunya