Sukses

Lifestyle

Tips Hemat Belanja Bulanan Tanpa Membuat Kantong Bolong

Harga kebutuhan yang semakin melambung dan inflasi yang tidak dapat diprediksi membuat kita harus pandai mengatur keuangan. Menghemat beberapa pengeluaran yang tidak penting salah satunya. Salah satu cara untuk berhemat adalah dengan mengatur pengeluaran belanja bulanan. Pos belanja bulanan jika tidak di atur sebaik mungkin akan membuat kantong bolong. Pos belanja bulanan merupakan salah satu pos yang banyak menyerap anggaran keuangan kamu.

Ladies, berikut adalah tips berhemat belanja bulanan agar tidak menyebabkan kantong bolong dan defisit keuangan. Yuk, simak tipsnya sebagai berikut:

    Buat Catatan

    Sebelum belanja bulanan buat catatan penting daftar belanja kamu. Sebisa mungkin patuhi daftar belanja kamu. Hindari tergoda untuk membeli barang di luar dari daftar tersebut. Daftar belanja juga penting untuk mengetahui apa yang benar-benar kamu butuhkan.

    Jangan Tergoda Diskon

    Di awal bulan, pusat belanja sering memberikan diskon yang menggoda. Tidak perlu tergoda untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Hindari membeli barang hanya karena tergiur diskon, bisa jadi barang tersebut tidak kamu butuhkan. Inginnya hemat, eh justru menjadi boros hanya karena tergoda diskon.

    Jangan Malas Cari Info

    Cari info harga kebutuhan yang kamu perlukan. Manfaatkan diskon belanja yang ada. Sedikit repot untuk mencari info harga yang lebih murah tidak ada salahnya. Tentu saja tetap realistis, pertimbangkan jarak dan waktu sebelum memutuskan belanja di mana.

    Belanja Saat Kenyang

    Sebelum belanja bulanan pastikan kondisi perut kamu kenyang. Perut yang lapar akan membuat kamu sulit berkonsentrasi dan tubuh menjadi lebih lemah. Selain itu perut yang lapar akan membuat kamu bernafsu untuk belanja. Hmm, tentu kamu tidak ingin anggaran kamu membengkak karena salah perhitungan.

    Tentukan Anggaran

    Sebelum belanja hitung terlebih dahulu kebutuhan kamu dan tentukan dana untuk belanja bulanan. Jangan sampai melebihi dana yang kamu anggarkan. Jika memang kebutuhan kamu melebihi dana yang dianggarkan, sebaiknya kurangi beberapa kebutuhan yang tidak kamu butuhkan.

Ladies, mengatur keuangan memang tidak mudah. Selalu teliti dan bijaksana sebelum mengeluarkan uang. Hemat dan pelit adalah dua hal yang berbeda, selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading