Sukses

Lifestyle

Berusia Hingga 100 Tahun, Ini Rahasia Panjang Umur Lansia Spanyol

Pada dasarnya, setiap orang ingin memiliki usia yang panjang dan tubuh yang senantiasa sehat. Selain itu, rasa bahagia dan terlindungi juga diinginkan. Untuk mendapatkan umur panjang dan sehat, yang perlu dilakukan tentunya adalah menjaga pola hidup sehat, menghindari stres dan menjauhi segala hal yang bisa menyebabkan sakit. Ya, meskipun urusan usia telah digariskan oleh yang Maha Kuasa, tak ada salahnya kan buat kita untuk terus berusaha dan berdoa mendapatkannya.

Seorang kakek yang berusia 100 tahun lebih di Spanyol | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Ngomongin soal panjang umur, dikutip dari laman dailymail.co.uk, negara Spanyol menjadi salah satu negara berpenduduk lansia dengan usia di atas 100 tahun paling banyak di dunia. Selain panjang umur, para lansia di sana juga sehat secara fisik maupun psikis. Penelitian menyebutkan bahwa ada lebih 100 ribu penduduk Spanyol yang berusia di atas 100 tahun. Dengan data yang ada, ini membuat Spanyol sebagai negara kedua dengan angka harapan hidup tinggi setelah Jepang.

Lalu, apa yang membuat para lansia di Spanyol bisa panjang umur dan senantiasa sehat? Beberapa lansia telah berbagi rahasia mereka? Apa saja rahasianya? Simak yuk kisahnya.

(vem/mim)

Maria Josefa Guillen & Pedro Rodriguez

Maria Josefa Guillen
Nenek cantik ini berusia 103 tahun. Kini, ia tinggal di rumahnya di Cazalla de la Sierra, Seville, Spanyol. Baginya, untuk memiliki umur panjang, dirinya perlu menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Nenek ini merupakan penggemar makanan tradisional dan sup herbal. Makanan kesukaannya adalah sup tomat yang dicampur mentimun. Ia juga senang berkebun dan bercocok tanam untuk mengisi waktu luangnya.

Pedro Rodriguez
Pedro merupakan seorang kakek berusia 106 tahun. Ia adalah kakek yang ramah dan sangat suka bermain pinao. Ya, baginya piano adalah alat musik yang membuat dunianya jadi lebih hidup. Kakek Pedro sendiri tinggal bersama keluarganya dan dirawat oleh buah hatinya. Kakek yang selalu ceria ini bahkan memiliki seorang istri yang begitu sabar dan berusia 20 tahun lebih muda darinya.

Baginya, keluarga yang begitu menyayanginya menjadikannya mampu bertahan hidup dan berusia lebih panjang. Kekak Pedro memiliki rumah singgah bagi anak-anak yang membutuhkan perlindungan. Keberadaan anak-anak tersebut menambah kebahagiaan di hidup kakek ini. Tidak jarang, kakek Pedro akan menghibur anak-anak dengan bermain piano dan menceritakan kisah di masa lalu.

Francisco Nunez & Rafaela Pons

Francisco Nunez
Kakek ini berasal dari Bienvenida, Badajoz, Selatan Spanyol. Usianya 112 tahun. Bagi kakek Franc, tinggal di panti jompo sangat tidak menyenangkan. Untuk itu, ia memilih tinggal bersama buah hatinya. Tinggal dan dirawat oleh keluarganya adalah anugerah yang begitu indah dan membuatnya bersemangat melewati hari-harinya. Meski telah berusia senja, kakek Franc tidak lupa memperhatikan penampilannya. Penampilan yang keren dan fashionable akan membuatnya lebih hidup dan terlihat muda.

Rafaela Pons
Usianya saat ini 102 tahun. Nenek Rafa berasal dari Menorca, Spanyol. Usianya yang telah mencapai 100 tahun lebih tak membuatnya terlihat begitu tua. Nenek cantik ini masih tetap terlihat bugar dan awet muda 20 tahun lebih muda dari usia aslinya. Lantas, apa yang membuatnya awet muda serta panjang umur? Menurut pengakuannya, nenek Rafa selalu rutin konsumsi madu sebanyak 1 sdm setiap pagi. Nenek ini juga senang mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah. Banyak bergerak dan beraktivitas justru membuatnya merasa lebih bugar, kuat serta sehat.

Lucia Manzano & Maximo San Miguel

Lucia Manzano
Nenek cantik ini berusia 100 tahun. Ia tinggal di panti jompo di La Adrada, Avila, dekat Madrid, Spanyol. Baginya, untuk bisa memiliki umur panjang, penting untuk selalu bersyukur dan merasa bahagia. Nenek ini percaya bahwa diri sendiri yang bisa membuat seseorang bertahan hidup. Nenek Luci mengatakan, [startpuisi]"Yang paling penting dalam hidup adalah percaya pada diri sendiri. Penting setia dan memperlakukan diri dengan baik. Dirimu sendiri adalah sumber kekuatan untukku."[endpuisi]

Maximo San Miguel
Kakek yang tinggal di Leon, Utara Spanyol ini berusia 102 tahun. Kakek Maximo adalah pribadi yang ramah. Kisah hidupnya di masa lalu yang memicu dirinya untuk bertahan hidup dan menjadi pribadi yang lebih bermanfaat saat ini. Di waktu kecil, kakek Maximo tak pernah mengenyam pendidikan formal. Ia tidak sekolah karena harus membantu orang tuanya bekerja dan jadi penggembala. Walau begitu, ia tak pernah sedih dan kecewa. Di masa tuanya saat ini, ia memilih belajar membaca dan menulis. Aktivitas ini ternyata mampu membuatnya semakin bersemangat, bahagia dan panjang umur.

Gumersindo Cubo & Pilar Fernandez

Gumersindo Cubo
Sejak kecil, kakek berusia 101 tahun ini hidup di lingkungan yang bersih dan segar. Dulu, ia tinggal di dalam hutan bersama keluarganya. Hobinya adalah bertanam atau berkebun. Melihat alam yang indah dan menghirup udaranya yang segar rupanya telah membuat kondisi fisiknya selalu sehat. Ia juga tak pernah merasa stres atau depresi. Ketika sakit, ibunya dulu suka memberikan obat herbal untuknya. Pola hidup yang sehat dan lingkungan yang bersih adalah rahasia besar kakek Cubo untuk memiliki umur panjang.

Pilar Fernandez
Nenek Pilar telah berusia 101 tahun. Walau sudah sangat tua, ia tetap terlihat cantik dan bugar. Nenek ini juga terlihat awet muda yakni 15 tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Saat ini, ia tinggal di Ambas, Asturias, Utara Spanyol bersama putrinya dan cucu-cucunya. Rahasia panjang umur dan awet mudanya adalah menjalankan pola hidup sehat, memiliki gerak tubuh yang cukup dan menikmati hidup dengan bersyukur serta bahagia. Makanan kesukaan nenek Pilar adalah sayur-sayuran hijau yang ia tanam sendiri di kebun belakang rumahnya.  

Ladies, itulah beberapa rahasia panjang umur dari lansia di Spanyol. Jika kamu ingin panjang umur dan awet muda pula, tak ada salahnya untuk mulai menjalankan pola hidup lebih sehat. Usahakan untuk menjadi pribadi yang pandai bersyukur, sabar dan bahagia walau pun ada banyak masalah yang menghadang. Senantiasa berpikir tenang dan konsumsi makanan alami seperti buah dan sayur agar tubuh selalu sehat. Semoga, kisah ini bermanfaat ya. :

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading