Sukses

Lifestyle

Tips Punya Penghasilan Tambahan yang Sesuai Hobi

Ladies, sudah sering kan kamu mendengar kisah sukses si ini dan si itu yang berhasil menuai penghasilan sampingan dari usaha mereka? Usaha sampingan bisa menambah pemasukan keluarga. Selain itu jika usaha tersebut adalah hobi, maka stres pun dapat berkurang.

Inilah yang dilakukan make up artist, Audrrey Nur Safira. Meski memiliki pekerjaan tetap sebagai Media Relation di sebuah perusahaan swasta, Audrrey menghasilkan pemasukan lain dari hobinya merias wajah orang lain.

Dikatakan dara kelahiran 4 September 1990 ini, hobi tersebut mendatangkan minimal Rp1,5 juta per pekannya. Perlu diingat bahwa Audrrey hanya mengambil pekerjaan sampingan di hari Sabtu - Minggu dengan, paling tidak, dua proyek per harinya. Bisa kamu hitung sendiri berapa pemasukan tambahan yang masuk ke kantungnya setiap bulan.

"Untuk punya kerja sampingan harus pinter-pinter bagi waktu. Kita harus tahu mana yang kesempatan harus diambil dan mana kesempatan yang bisa dikesampingkan," cerita Audrrey pada vemale.com.

Hasil karya Audrrey Nur Safira/Instagram

Selain itu kamu juga harus tahu dulu hobi apa yang ingin kamu salurkan menjadi bisnis. Seperti Audrrey yang sudah tahu bahwa minatnya di bidang tata rias sejak masa SMU. Saat itu, ada beberapa temannya yang melihat kemampuan Audrrey mempercantik wajah seseorang sehingga meminta sulung dari tiga bersaudari itu menjadi penata rias untuk buku tahunan sekolah.

"Mulai kuliah, aku mulai banyak project karena banyak teman yang buka online shop dan butuh photoshoot. Waktu itu tahun 2008 dan make up artist belum banyak. Aku maju tanpa ada pengalaman dan pendidikan formal. Dan ternyata temen-temen mau bayar jasaku," tutur Audrrey.

Uang pertama yang diterima Audrrey saat itu belum seberapa, hanya Rp250 ribu untuk pekerjaan setumpuk. Tapi rasa senang yang dihasilkan sangat luar biasa. Pengalaman ini juga membuka mata bahwa hobinya selama ini bisa dijadikan bisnis.

"Aku merasa skill aku terpakai. Bukan cuma make up tapi juga bisa styling dan orang mau bayar," ujar gadis lulusan Bina Nusantara Internasional ini.

Audrrey Nur/Instagram

Untuk referensi make up Audrrey mengaku menggunakan video yang ada di Youtube. Sedangkan untuk "menjual" kemampuannya, Audrrey menggunakan Instagram dengan nama akun @audrreysview_beauty. So far, "jualan" ini berhasil membuatnya langganan jadi make up artis untuk berbagai photoshoot, kawinan, hingga buku tahunan anak sekolah.

"Kalau harus memilih pekerjaan, aku akan milih yang aku suka karena memang passion-nya dari dulu ke situ," kata gadis cantik ini.

Ternyata buat beberapa orang tidak sulit mendapatkan pemasukan sekaligus menyalurkan hobi. Cerita Audrrey bisa menjadi inspirasi kamu mendapatkan apa yang kamu mau melalui hal yang kamu sukai. Semangat ya, Ladies!

(vem/zzu)
;
Loading