Sukses

Lifestyle

Banyak Deadline Bikin Stres? Ini Tips Agar Kerjaan Semua Beres

Pusing nggak kalau tiap hari dihantui deadline? Ada saja yang harus dikerjakan. Beban dan tanggungan kerjaan kayak nggak ada habisnya. Kalau begini situasinya, kita jadi rentan kena stres.

Biar kerjaan bisa beres semua tanpa stres, ada sejumlah tips sederhana yang bisa kamu coba. Intinya memang harus bisa membagi prioritas dan berusaha menyeimbangkan setiap kesibukan. Selengkapnya, yuk ikuti detailnya di sini.

    Bereskan yang Dirasa Paling Berat Terlebih Dahulu

    Buat kamu yang punya kebiasaan menunda-nunda, sebaiknya lakukan sesuatu yang berat di awal. Lakukan hal yang sebenarnya paling tidak kamu suka di awal. Kalau berhasil, maka segalanya akan terasa lebih mudah untuk dilakukan. Manajemen waktu dan kedisiplinan diri jadi kuncinya. Coba deh atur lagi prioritasmu.

    Bagi Setiap Pekerjaan Jadi Tugas-Tugas Kecil

    Ambil contoh, deadline yang harus kamu penuhi adalah menulis sebuah buku. Maka yang harus kamu lakukan adalah membagi pekerjaanmu jadi beberapa bagian. Kamu harus bisa menentukan kapan saatnya menulis bab pertama, lalu kapan waktu untuk melakukan riset, berdiskusi, dan melakukan proses penyuntingan. Lakukan satu hal dalam durasi waktu yang cukup. Dengan begitu kamu bakal bisa lebih mudah fokus dan tak terasa berat mengerjakan semuanya. Setahap demi setahap deh pokoknya.

    Berani untuk Menolak Pekerjaan di Luar Batas Kemampuanmu

    Umumnya pekerja lepas lah yang sering mengalami dilema ini. Ketika sedang dikejar deadline sebuah pekerjaan, tiba-tiba ada orang yang menawari pekerjaan baru. Di satu sisi, rasanya sayang untuk menolak karena tawaran itu bisa saja tak akan ada lagi. Tapi di sisi lain, kamu punya tanggung jawab lain yang harus didahulukan. Di titik ini, kamu harus berani untuk menolak dan berkata "tidak". Jangan sampai kamu mengorbankan kesehatan sendiri demi melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Akan sangat disayangkan juga jika kamu malah mengecewakan klienmu yang sebelumnya karena pekerjaan jadi molor.

    Buat Batasan pada Dirimu agar Terhindar dari Berbagai Gangguan

    Dirimu sendirilah orang yang paling tahu apa saja yang bisa memecah konsentrasi. Makanya kamu juga perlu mengambil inisiatif untuk menjauhkan diri dari berbagai gangguan supaya bisa lebih fokus saat bekerja. Karena ada deadline yang harus kamu penuhi, kamu juga perlu menyesuaikan situasi dengan baik. Sebagai contoh, jika mudah terganggu dengan suara berisik, maka bekerjalah di ruangan yang tenang. Kalau merasa lebih cepat menemukan inspirasi setelah tidur malam, maka pilihlah cara itu. It sounds simple, right?


Satu lagi hal penting yang harus kamu perhatikan adalah istirahat yang cukup. Dengan istirahat, kestabilan mental bisa terjaga. Saat pikiran dan mental dalam kondisi prima, maka saat kembali bekerja kamu akan merasa lebih rileks. Selalu sisipkan waktu untuk berisitirahat setiap beberapa jam bekerja. Rasa gelisah dan cemas karena deadline yang semakin dekat pun bisa hilang dengan sendirinya. Sehingga bekerja jadi nggak gampang stres lagi.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading