Sukses

Lifestyle

Tips Penting Menjadi Pembeli yang Cerdas

Belanja bagi beberapa orang merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan stres. Namun jika dibiarkan pun tidak baik. Menuruti keinginan akan membuat kamu kehilangan kendali atas keuanganmu. Niatnya ingin menghilangkan stres, justru tambah stres karena menumpuknya tagihan dan saldo di tabungan yang menipis. Belanja dan bersenang-senang boleh saja, asal tetap bijak dan cerdas.

Ladies, berikut ini adalah 5 hal yang harus kamu lakukan agar menjadi pembeli yang cerdas. Here we go!

    Tahan Godaan Diskon

    Tidak perlu memaksa belanja hanya karena iming-iming diskon. Seringkali kamu belanja saat diskon hanya akan membuat kamu belanja barang yang tidak kamu butuhkan. Maka cerdaslah membaca diskon. Beli sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

    Jangan Tergoda dengan Promo

    Saat memasuki pusat pembelanjaan, mungkin kamu akan menemukan banyak promo. Beli 1 gratis 1, beli 2 gratis 1 dan seterusnya. Tidak perlu tergoda, hal ini mengurangi risiko kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

    Mengontrol Pemakaian Kartu Kredit

    Menyenangkan memang memiliki kartu kredit, tapi bukan menjadi alasan untuk membuatmu menjadi boros. Batasi penggunaan kartu kredit. Gunakan kartu kredit memang disaat kamu butuh, dan segera bayar semua tagihannya. Jangan menunggu jatuh tempo untuk menghindari denda yang justru merugikanmu.

    Buat Daftar Belanja dan Patuhi

    Sebaiknya sebelum kamu belanja, buat daftar belanja. Patuhi daftar tersebut dengan tidak belanja di luar daftar tersebut. Tidak perlu tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan dengan alasan diskon.

    Menyiapkan Anggaran

    Memiliki anggaran membuat kamu lebih disiplin dalam membelanjakan uang yang kamu miliki. Mulai untuk disiplin dengan anggaran yang kamu miliki. Memiliki anggaran akan membantu kamu untuk lebih disiplin dalam belanja, karena hanya boleh menghabiskan apa yang kamu miliki saja.

Well, demikian 5 cara untuk hidup lebih hemat. Bagaimana, apakah kamu memiliki tips yang berbeda? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
;
Loading