Sukses

Lifestyle

Berapa Kali Minyak Goreng Bisa Dipakai Lagi?

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng termasuk bahan makanan yang sangat penting untuk membuat berbagai gorengan lezat yang menggugah selera. Minyak goreng ini harganya termasuk agak mahal, karena itulah kadang minyak goreng digunakan beberapa kali sebelum akhirnya dibuang.

Nah, penggunaan minyak goreng 'bekas' ini seringkali mengundang tanya. Apakah makanan yang digoreng dengan minyak ini aman dan sehat dikonsumsi? Berapa kali sih minyak goreng bisa dipakai lagi?

Sebaiknya minyak goreng ini digunakan tidak lebih dari dua kali goreng Sahabat Fimela. Ini karena menggunakan minyak goreng yang sama beberapa kali akan meningkatkan paparan radikal bebas yang mana berisiko menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Vitamin makanan sangat peka akan panas dan antioksidan pun akan berkurang. Karena itulah sebaiknya jangan menggunakan minyak goreng lebih dari dua kali.

Selain itu sebelum menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai, sebaiknya amati minyak goreng. Jika warnanya sudah tak jernih atau sudah menhitam maka sebaiknya buang saja minyak goreng. Minyak juga sebaiknya dibuang jika sudah mengeluarkan bau yang kurang sedap. Jika tekstur minyak kental dan lengket juga sebaiknya dibuang saja.

Saring lagi minyak yang sudah dipakai sebelum digunakan kembali. Ini agar tak ada remah-remah bekas penggorengan sebelumnya yang akan memengaruhi rasa makanan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading