Sukses

Lifestyle

Tips Aman Naik Kendaraan Umum Bagi Wanita, Kamu Harus Tahu

Kejahatan bisa terjadi di mana saja. Termasuk di dalam kendaraan umum, seperti yang dialami oleh seorang ibu dan anak di Buaran, Jakarta Timur seperti yang dilansir dari Merdeka.com (9/4). Sang ibu menjadi korban penyanderaan oleh penjambret yang aksinya diketahui oleh warga. Pelaku menyandera ibu dan anak di dalam angkot dan menempelkan pisau di leher ibu. Ngeri ya? beruntungnya sang ibu dan anak berhasil selamat.

Well, apa saja yang harus dilakukan saat naik kendaraan umum agar terhindar dari tindak kejahatan? Yuk, simak tips dari vemale di bawah ini.

    Tepat Memilih Angkutan Umum

    Sebelum naik angkutan umum pastikan kamu naik kendaraan yang tepat. Jika kamu menggunakan angkot, pilih yang berkaca bening sehingga keadaan di dalam angkot dapat terlihat dari luar. Tepat memilih jenis angkutan umum akan membuatmu terhindar dari kejahatan.

    Jangan Menarik Perhatian

    Jika kamu menggunakan transportasi umum hindari berpenampilan mencolok. Hindari memakai perhiasan yang berlebihan. Sibuk dengan gadget, sehingga menarik perhatian orang lain. Ingat, kejahatan tidak hanya terjadi karena adanya niat dari pelakunya tapi karena ada peluang dan kesempatan untuk melakukannya.

    Jangan Tidur di Angkutan Umum

    Lelah seringkali menjadi alasan tidur saat di dalam angkutan umum. Sebaiknya mulai sekarang hindari untuk tidur di dalam angkutan umum. Hal ini berbahaya karena dapat memberi kesempatan kepada orang lain untuk berbuat kejahatan. Tetap fokus dan siaga selama dalam angkutan umum.

    Waspada dengan Sekitar

    Kamu harus waspada, pastikan tas dan barang bawaanmu dalam pengawasanmu. Jika kamu mendapati orang yang bertingkah mencurigakan sebaiknya hindari. Segera pindah tempat duduk atau turun dari angkutan umum tersebut.

Ladies, demikian 4 tips aman dalam berkendaraan umum. Jangan ragu untuk melaporkan ke pihak berwajib jika memang melihat kejadian tidak menyenangkan. Tetap berhati-hati dan selalu waspada.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading