Sukses

Lifestyle

30 Tahun Nenek Ini Rawat Anjing Terlantar, Kisahnya Menyentuh

Namanya Pratima Devi. Ia adalah seorang nenek yang telah berusia 65 tahun asal New Delhi, India. Ia tak terlalu kaya, ia adalah pemilik warung teh kecil yang hanya didatangi beberapa pengunjung saja setiap harinya. Hidupnya sangat sederhana bahkan bisa dibilang kadang kekurangan. Meski begitu, nenek Devi tak pernah mengeluh dengan kondisinya.

Menariknya lagi, dikutip dari laman odditycentral.com nenek 65 tahun ini selalu menyisihkan sebagian rezekinya untuk membeli makanan ratusan anjing terlantar yang pernah ia selamatkan dan dirawatnya. Nenek Devi disebut sebagai 'Dog Lady of Delhi'. Dengan hati yang tulus, wanita ini akan menolong setiap anjing terlantar yang ditemukannya di jalan.

Nenek Devi | Photo: Copyright oddyticentral.com

Nenek Devi sendiri telah menolong dan merawat anjing-anjing terlantar kurang lebih selama 3 dekade atau 30 tahun terakhir. Kemiskinan tak membuatnya putus asa apalagi berhenti untuk menolong anjing-anjing tersebut. Singkat cerita, wanita yang kini berusia 65 tahun tersebut terlahir dari keluarga miskin di India. Saat usianya 7 tahun, ia dinikahkan dengan pria dengan usia 10 tahun lebih tua darinya. Ia kemudian melahirkan seorang anak saat usianya masih 14 tahun.

Pernikahannya bisa dibilang jauh dari kata bahagia. Suamianya suka pulang larut malam dalam keadaan mabuk. Ia sendiri sering disiksa oleh mertuanya. Sejak muda, nenek Devi harus mengurus semua pekerjaan rumah, menjaga buah hatinya dan sesekali harus mengais rezeki sendiri untuk memenuhi kebutan sehari-harinya.

Ada ratusan anjing yang ditolong oleh nenek Debi | Photo: Copyright oddyticentral.com

Suatu hari, ia memantapkan hati untuk membuka warung atau kedai teh di dekat rumahnya. Di dekat warungnya, ia sering melihat anjing liar yang tidak terurus dengan kondisi memprihatinkan. MerasA iba dan kasihan, nenek Devi selanjutnya akan menolong dan memberi makan anjing-anjing tersebut. Dari hari ke hari, anjing yang ia tolong jumlahnya semakin banyak. Beberapa bahkan telah beranak pinak di dekat warungnya.

Aksi baik nenek Devi rupanya tak selalu berjalan dengan baik dan disambut hangat warga. Beberapa warga yang tidak suka dengan aksinya pernah membantai dan membakar anjing-anjing yang pernah ia selamatkan. Warung tehnya pun sempat dibakar dan rusak parah.

Nenek Devi sangat sayang terhadap anjing | Photo: Copyright oddyticenral.com

Beruntung, kini nenek Devi bisa membuka kembali warung tehnya. Ia pun bisa mendedikasikan hidupnya untuk menolong serta merawat ratusan anjing terlantar. Saat ini, nenek Devi sedikitnya telah merawat 400 anjing terlantar. Tak hanya memberi makan, nenek 65 tahun ini juga akan memberikan bantuan medis yang menjamin kesehatan serta kenyamanan anjing.

Nenek Devi mengatakan, "Aku suka merawat anjing. Aku bahagia ketika bisa menolong dan membantu mereka. Mereka tidak tidur jika tidak ada aku, mereka juga tidak makan jika aku tidak memberinya. Aku berharap ada seseorang yang mau menggantikanku merawat mereka saat aku tiada kelak. Aku bahagia dengan apa yang aku lakukan."

(vem/mim)
;
Loading