Sukses

Lifestyle

Kenalkan V Nanammal, Instruktur Yoga Usia 98 Tahun Asal India

Awal tahun ini, kita semua dikenalkan dengan instruktur yoga berusia 98 tahun yang dinobatkan sebagai instruktur yoga tertua di dunia. Ia adalah nenek Tao Porchon-Lynch yang tinggal di Westchester, New York. Selain nenek Tao, kali ini mari kita juga berkenalan dengan nenek instruktur yoga dengan usia 98 asal India. Namanya nenek V Nanammal.

Dikutip dari laman odditycentral.com, meski usia nenek Nanamal telah sangat senja, ia adalah instruktur yoga yang sangat sehat, bugar dan keren banget. Beberapa gerakan yoga yang rumit masih ia kuasai dengan sangat baik.

Nenek Nanamal adalah instruktur yoga usia 98 tahun | Photo: Copyright odditycentral.com

Menariknya lagi, di usianya yang ke 98 nenek Nanamal justru terlihat lebih lebih muda dari usia aslinya. Wanita ini sama sekali tak terlihat jika ia sudah hampir berusia 100 tahun. Beberapa murid nenek Nanamal mengatakan bahwa ia adalah instruktur yoga tertua pertama di India dan tertua kedua di dunia setelah Tao.

Di usianya yang sudah tidak muda nenek Nanamal bisa melakukan gerakan yoga yang cukup rumit | Photo: Copyright odditycentral.com

Dari laporan yang ada, nenek Nanamal belajar yoga sejak usia 8 tahun. Ia belajar yoga dari sang kakek di kota kelahirannya yakni Coimbatore, negara bagian Tamid Nadu di India. Semua keluarganya mencintai yoga. Jadi nenek Nanamal pun terus belajar yoga hingga ia remaja. Setelah menikah, ia selanjutnya belajar yoga dari mertuanya dan beberapa ahli yoga lainnya.

Nenek Nanamal kini usianya 98 tahun | Photo: Copyright odditycentral.com

Selama 9 dekade terakhir, nenek Nanamal tidak pernah melewatkan hari-harinya untuk menekuni yoga. V Balakrishnan, anak Nanamal mengatakan, "Ibuku telah berlatih yoga selama 90 tahun. Ia bisa bermacam-macam gerakan yoga dari yang paling mudah hingga paling sulit. Ia bahkan bisa melakukan gerakan yoga dengan mengangkat tubuhnya sendiri hanya dengan lengan selama berjam-jam. Ia benar-benar luar biasa."

Nenek Nanamal | Photo: Copyright odditycentral.com

Atas kecintaannya terhadap yoga, sejak muda nenek Nanamal mendirikan sekolah yoga. Siswanya berasal dari berbagai kalangan dan usia. Di India, nenek Nanamal kini mendapat julukan sebagai "Paethees" atau cucu perempuan dari Tamil. Nenek Nanamal pernah diundang ke acara perkumpulan pencinta yoga dunia dan dijadikan anggotanya. Namun nenek 98 tahun ini menolak karena ia tidak menguasai bahasa Inggris.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading